Maret 13, 2023

PERAN WIRAUSAHA DALAM PEREKONOMIAN INDONESIA

 

ARTIKEL KEWIRAUSAHAAN I

 

ADELLIA NIBRASTONI (44222010121)_ @AA16-Adellia

Ditulis pada Senin, 13 Maret 2023 pukul 14.50 WIB

 

 

 

PERAN WIRAUSAHA DALAM PEREKONOMIAN INDONESIA

 

Wirausaha memiliki peranan penting dalam perekonomian Indonesia loh.. Indonesia merupakan negara besar dari segi jumlah penduduk, luas wilayah, keragaman budaya dan sumber daya alamnya. Jumlah penduduk Indonesia sekitar 270 juta ini menjadi modal kuat untuk memajukan perekonomian, baik sebagai produsen maupun konsumen. Indonesia juga kaya warisan budaya mengingat ada ratusan etnis, bahasa dan adat istiadat yang masih tumbuh subur hingga sekarang. Namun kenyataanya, 4 modal kuat di atas belum menjadikan Indonesia negara yang maju dan mensejahterakan semua masyarakat. Sebagai negara berkembang, Indonesia juga menghadapi masalah kemiskinan dan ketimpangan pendapatan yang mencolok di antara warga negara. Masih banyak masalah ekonomi makro yang dihadapi baik masalah jangka pendek maupun jangka panjang. Masalah jangka pendek yang juga disebut masalah stabilisasi yaitu pengangguran, inflasi dan ketimpangan neraca pembayaran. Masalah jangka panjang adalah masalah pertumbuhan ekonomi. Untuk mengatasi masalah-masalah ini tentu membutuhkan pembangunan di berbagai sektor.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), wirausaha ialah keberanian dalam memenuhi kebutuhan dan memecahkan masalah hidup dengan kekuatan pada diri sendiri. Keberadaan wirausaha berarti dapat membuka lapangan kerja baru bagi orang-orang, terutama bagi mereka yang ada disekitarnya. Sehingga, para tenaga kerja yang dulu menganggur bisa ditampung oleh wirausaha tersebut sehingga memiliki penghasilan. Menurut Joseph Schumpeter (1934) salah satu ekonomi pengagas teori pertumbuhan ekonomi menyatakan kewirausahaan mempunyai andil yang besar dalam pembangunan ekonomi melalui penciptaan inovasi, lapangan kerja, dan kesejahteraan. Dunia usaha yang dibangun entrepreneur akan mendorong perkembangan sektor-sektor produktif. Semakin banyak suatu negara memiliki entrepreneur, maka pertumbuhan ekonomi negara tersebut akan semakin tinggi. Ada 5 kombinasi baru yang dibentuk oleh entrepreneur, antara lain (1) memperkenalkan produk dengan kualitas baru, (2) memperkenalkan metode produksi baru, (3) membuka pasar baru (new market), (4) memperoleh sumber pasokan baru dari bahan atau komponen baru, (5) menjalankan organisasi baru dalam industri. Schumpeter menjelaskan pula korelasi antara inovasi entrepreneur dengan kombinasi sumberdaya. Kegiatan produktif inilah yang akan meningkatkan output pembangunan sehingga negara akan berlomba-lomba untuk menciptakan entrepreneur baru sebagai akselerator pembangunan (Darwanto, 2012).

Menurut (Nasrullah Yusuf, 2006) Kata entrepreneurship yang dahulunya sering diterjemahkan dengan kata kewiraswastaan akhir-akhir ini diterjemahkan dengan kata kewirausahaan. Entrepreneur berasal dari bahasa Perancis yaitu entreprendre yang artinya memulai atau melaksanakan. Sedangkan Wiraswasta/ wirausaha berasal dari kata: Wira: utama, gagah berani, luhur; swa: sendiri; sta: berdiri; usaha: kegiatan produktif. Jadi kewirausahaan dapat didefinisikan sebagai berikut: “Wirausaha usaha merupakan pengambilan risiko untuk menjalankan usaha sendiri dengan. Dari asal kata tersebut, wiraswasta pada mulanya ditujukan pada orang-orang yang dapat berdiri sendiri memanfaatkan peluang-peluang untuk menciptakan usaha baru atau dengan pendekatan yang inovatif sehingga usaha yang dikelola berkembang menjadi besar dan mandiri dalam menghadapi tantangan tantangan persaingan. Kewirausahaan, datang apabila seseorang individu berani mengembangkan usaha-usaha dan ide-ide barunya. Proses kewirausahaan meliputi semua fungsi, aktivitas dan tindakan yang berhubungan dengan perolehan peluang dan penciptaan organisasi usaha.

 

Berikut ini adalah peran wirausaha dalam perekonomian Indonesia :

·         Membuka Lapangan Kerja Baru

Tingginya tingkat pembangunan negara-negara sedang berkembang pada umumnya disebabkan oleh tidak seimbangnya kenaikan angkatan kerja dengan lapangan kerja.

Sehingga, adanya wirausaha dengan sendiri bisa mengurangi tingkat pengangguran karena adanya lapangan kerja baru yang dibuka.

 

·         Meningkatkan Pendapatan Nasional

Lingkungan usaha yang sudah maju, selalu mendorong para wirausaha untuk lebih kreatif di dalam menciptkan nilai tambah bagi penjualan produk atau jasa. Produk-produk baru yang diciptakan wirausaha, baik barang maupun jasa akan menaikkan pendapatan nasional melalui peningkatan jumlah produksi barang dan jasa.

 

·         Meningkatkan Taraf Hidup

Keberhasilan bisnis para wirausahawan akan bisa meningkatkan pendapatan masyarakat.

Sehingga naiknya pendapatan membuat taraf hidup masyarakat juga ikut meningkat. Masyarakat yang awalnya sebagai pengangguran bisa bekerja dan mempunyai pendapatan sendiri.

 

·         Mengurangi Kesenjangan Ekonomi dan Sosial

Banyaknya wirausaha dalam memperoduksi barang maka akan mendorong masyarakat yang bekerja untuk lebih giat lagi. Sehingga pendapatan mereka juga akan ikut bertambah dan akan mengurangi kesenjangan ekonomi dan sosial di masyarakat.

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN

Milla, Hilyati.  Al-Ta'lim Journal; Padang Vol. 20, Iss. 3,  (Nov 2013): 465-471.

https://www.proquest.com/scholarly-journals/pendidikan-kewirausahaan-sebuah-alternatif/docview/1953852674/se-2

 

Peran Kewirausahaan Dalam Memajukan Perekonomian Indonesia

Khamimah, Wininatin. Jurnal Disrupsi Bisnis, Vol. 4, No.3, Mei 2021 (228-240)

DOI: http://dx.doi.org/10.32493/drb.v4i3.9676

 

Peran wirausaha dalam perekonomian

https://adjar.grid.id/read/543314939/peran-wirausaha-dalam-perekonomian?page=all

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar