Maret 20, 2023

SehatQ apa sih ? – Review dan Ulasan.

Artikel Kewirausahaan I

 

KRISNINA MAHARANI ABIDIN _ @AA10-Krisnina

Ditulis pada Minggu, 20 Maret 2023 pukul 13.21

 

SehatQ apa sih ? – Review dan Ulasan.


Abstrak

            SehatQ merupakan sebuah aplikasi atau platform digital yang diperuntukkan untuk membantu para penggunanya dalam memudahkan mencari tahu mengenai kesehatan.

SehatQ membantu para penggunanya melalui media digital dimulai dari pencegahan, pengobatan ketika sakit, dan perawatan setelah sembuh hingga memenuhi kebutuhan akan kesehatan seperti layanan kesehatan dan tenaga media serta obat,obatan.

SehatQ juga menghubungkan para pengguna untuk bertukar informasi memalui platform digital yang telah disediakan, selain itu SehatQ juga memberikan berbagai artikel mengenai kesehatan yang terbaik dan telah tervalidasi.

            Kata Kunci : SehatQ, kesehatan, platform digital

 

Abstract

            SehatQ is an application or digital platform intended to assist its users in making it easier to find out about health.

SehatQ helps its users through digital media starting from prevention, treatment when sick, and care after recovering to meet the needs for health such as health services and media personnel as well as medicines.

SehatQ also connects users to exchange information through the digital platform that has been provided, besides that SehatQ also provides various articles about the best and validated health.

Keywords: SehatQ, health, digital platforms



Pendahuluan

               SehatQ sebagai Platform Digital yang masuk dalam 10 besar Start-Up Indonesia telah berhasil menjadi wadah bagi para penggunanya, mulai dari menyediakan berbagai artikel yang kredibel, valid dan terbaik di Indonesia dengan referensi yang jelas, SehatQ juga membantu untuk menguhubungkan para penggunanya untuk saling bertukar informasi dengan fitur forum, serta dapat memenuhi kebutuhan akan kesehatan masing maisng individu yang berbeda dengan menyediakan berbagai macam obat-obatan hingga berbagai macam layanan kesehatan hingga berbagai macam fasilitas kesehatan dengan kemudahan mencari karena ada berbagai fitur dengan pengelompokkan tempat, hingga spesialisasi dan lain sebagainya.

SehatQ menyediakan sangat banyak fitur yang memudahkan para penggunanya untuk menemukan pilihan atas kebutuhan masing-masing, kemudahan yang telah diberikan oleh sehatQ ini berhasil membuatnya masuk ke dalam peringkat 10 Top Start-up di Indonesia dan peringkat 215 Top Start-up di Dunia, dengan klaim bahwa “SehatQ merupakan website yang berisi informasi kesehatan, obat, penyakit, fitur pencarian cari dokter dan rumah sakit di Indonesia. SehatQ is a website that contains health information, medicines, diseases, search features for doctors and hospitals in Indonesia.”


Pembahasan

SehatQ sebagai tempat tips dan informasi kesehatan membuat klaim bahwa “SehatQ merupakan website yang berisi informasi kesehatan, obat, penyakit, fitur pencarian cari dokter dan rumah sakit di Indonesia. SehatQ is a website that contains health information, medicines, diseases, search features for doctors and hospitals in Indonesia.”

Dari apa yang telah dipaparkan mengenai SehatQ dalam webnya, SehatQ merupakan wadah yang menyajikan informasi, refrensi hingga layanan kesehatan dan tenaga medis yang valid dan terbaik di Indonesia.

Didalamnya terdapat berbagai macam fitur yang membantu memudahkan para penggunanya untuk menjelajah di platform digital ini. Sedikit penjelasan mengenai fitur-fitur yang tersedia adalah :

1.      Tentang Kami = Saat kita menekan fitur ini, kita dapat melihat beberapa penjelasan mengenai isi dari SehatQ, dengan klaim 17.292 Direktori Artikel, 1.660 Ensiklopedia Penyakit & Obat, 44.499 Direktori Dokter, dan 4.647 Direktori Fasilitas Kesehatan.

Isi fitur ini juga memberikan beberapa foto mengenai orang dari tim editorial SehatQ dan tim dokter SehatQ seperti :

Asisten Kesehatan Anda

Kami hadir untuk membantu Anda mengelola kesehatan Anda dan keluarga. Perjalanan kesehatan dimulai dari pencegahan, pengobatan ketika sakit, dan perawatan setelah sembuh. Kebutuhan masing-masing individu berbeda, bergantung kepada riwayat keluarga, lingkungan tempat beraktivitas, dan kondisi individu tersebut.

Tim SehatQ menyiapkan informasi kesehatan dengan referensi yang jelas dan kredibel, menyediakan platform komunitas bagi pengguna untuk bertukar informasi dan saling mendukung dalam perjalanan kesehatannya, dan menghubungkan pasien dengan tenaga medis maupun penyedia layanan kesehatan.

Gunakan SehatQ untuk membantu Anda pada setiap tahap perjalanan kesehatan, dengan rekomendasi yang spesifik sesuai kebutuhan individu.

Apa yang kita lakukan? Kami sebagai ahli medis meninjau setiap konten yang akan dipublikasikan di SehatQ untuk memastikan bahwa semua yang keluar dari kami adalah konten kesehatan yang paling valid dan terbaik yang dapat Anda temukan di Indonesia. (SehatQ)

What we do? We as a medical expert reviews every contents that’s gonna publish in SehatQ to assure that everything come out from us is the most valid and the best health content you can find in Indonesia. (SehatQ)

  1. Toko = platform seperti e-commerce atau online shop serupa apotek untuk membeli atau melakukan transaksi pembelian secara online hingga layanan untuk kesehatan konsumen

Seperti :

·         Semua Kategori Produk : Vitamin, Herbal & Suplemen, Obat, Ibu Dan Bayi, Alat Kesehatan, Makanan & Minuman Sehat,  Kesehatan Gigi & Mulut, Skincare, Perawatan Tubuh, Kecantikan

·         Semua Kategori Layanan Kesehatan : Covid-19, Treatment Kecantikan, Medical Check Up (MCU), Ibu & Anak, dan Vaksin & Imunitas

3. Produk Toko = disini kita bisa melihat hingga mencari tahu mengenai tersedia atau tidaknya produk, sedikit daftar produk diantaranya :

·         Betadine Plaster Elastis Fabric (1 Pack @ 5 Pcs)

·         Germ Killer Surface Sprayer 500 ml

·         Gillette Fusion Proglide - Refill Pisau Cukur (1 Pack @ 4 Pcs)

·         K-Y Jelly Personal Lubricant 100 g

·         Pure Baby Hand & Mouth Baby Wipes Aloe Vera (1 Pack @ 60 Lembar)

·         Xonce Tablet Paket 1 Bulan (15 Sachet @ 30 Tablet)

·         (LEBIH HEMAT) Olay Total Effects Set Perawatan Malam

·         (NEW) VITAFLOW Botol Susu Multifungsi PP 140 ml Dot Size S - Moon

·         (NEW) VITAFLOW Dry Tissue Satine (1 Box @ 100 Lembar)

·         Dan masih banyak produk lainnya.

4.      Kategori Toko = tempat dimana kita bisa mencari hingga mengetahui banyak kategori yang disediakan oleh Sehatq. Sedikit daftar kategorinya yaitu ; Alat Kesehatan, Alat Cek Kesehatan, Aksesoris Kesehatan, Perencanaan Keluarga, P3K, Olahraga, dan lain sebagainya.

5. Toko Merchant = fitur ini menunjukkan berbagai toko sesuai dengan abjad mereka, saat menekan abjad C, maka ankan muncul beberapa toko seperti ini : Cap Dragon Official Store, Casa Grata, Cetaphil Indonesia, Cheong Kwan Jang, Chia-yo, Colab Dry Shampoo, Combiphar Official Store.

  1. Booking = disini kita harus log in terlebih dahulu untuk menjadi membernya, selain itu manfaat login adalah dapat menyimpan riwayat konsultasi, melakukan pembelian, dan membaca artikel sesuai keinginanmu.
  2. Dokter = fitur ini memungkinkan kita untuk mencari dokter melalui namanya hingga spesialisasi, layanan pemeriksaan, kota, hari praktik dan jenis kelaminnya.
  3. Rumah Sakit =  fitur ini mendukung kita untuk menemukan faskes kesehatan yang kita butuhkan, bisa disesuaikan melalui jaraknya, dengan jenis faskes, tipe faskes, layanan pemeriksaan, kota, fasilitas hingga partner SehatQ.
  4. Promo =  fitur ini membuat kita bisa mencari promo dengan cara mengetik nama promo, hingga menemukan kategori promo dengan berbagai pilihan promo (seperti Peduli Lindungi, Covid-19, Rapid Antigen, PCR Swab, Medical Check Up (MCU), Rapid Antibodi, Home Service, Vaksin dan Imunitas, Gigi dan Mulut, Kecantikan, Ibu dan Anak, Kanker, penyakit Kronis, Fisioterapi, dan lainnya) lokasi, tipe promo hingga harga.
  5. Artikel = sesuai dengan namanya, artikel ini menyediakan berbagai macam artikel yang sudah terjamin valid dan benar sesuai fakta yang ada
  6. Chat Dokter = fitur ini dapat menghubungkan kita dengan para dokter untuk melakukan konsultasi secara online dengan harga terjangkau mengenai penyakit, pengobatan, kesehatan, pencegahan, obat-obatan hingga hal apapun.
  7. Penyakit = fitur ini memberitahu kita mengenai penyakit beserta gejala, penyebab, cara mengobati, cara mencegah hingga kapan, tatacara atau hal hal yang dibutuhkan untuk konsultasi ke dokter.
  8. Forum = fitur ini meruapakn wadah yang membantu kita untuk melakukan sesi tanya jawab dan menghubungkan para pengguna untuk saling bertukar informasi .
  9. Review = fitur ini berisi tentang berbagai referensi artikel mengenai banyak hal yang sudah tervalidasi, kredibel dan menggunakan referensi yang jelas serta akurat dari ahlinya.
  10. Tes Kesehatan = fitur ini diperuntukan  mengecek kesehatan dengan tes online  secara gratis.
  11. Info Sehat = dalam fitur ini terdapat berbagai artikel mengenai hidup sehat, penyakit, kulit dan kecantikan, kesehatan mental, kehamilan, parenting, bayi dan menyusui dan banyak hal lainnya.

 

Kesimpulan

Dari berbagai ulasan diatas dapat disimpulkan bahwa SehatQ merupakan Aplikasi maupun Platform digital yang dijadikan sebagai wadah bagi para penggunanya untuk memenuhi berbagai kebutuhan individu yang berbeda beda.

SehatQ telah menjadi Top Start-up urutan ke 10 di Indonesia dengan klaim bahwa “SehatQ merupakan website yang berisi informasi kesehatan, obat, penyakit, fitur pencarian cari dokter dan rumah sakit di Indonesia. SehatQ is a website that contains health information, medicines, diseases, search features for doctors and hospitals in Indonesia.”


Daftar Pustaka

Emedika, SehatQ Harsana. 2018. “SehatQ | Tanya Dokter dan Tips Keluarga Sehat”. SehatQ. https://www.sehatq.com/, diakses pada tanggal 19 Maret 2023 pukul 15.54.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar