Maret 20, 2023

STARUP-QLAPA

 STARUP – QLAPA



Oleh : Mesha Rani Azzahra (@AB13-Mesha)

NIM : 46121010081



 


Abstark

Jika   Anda   memiliki   kerajinan   di  komputer  dan   ingin   menjual  kerajinan  Anda  secara  online,   Anda  dapat  mengunjungi   Qlapa   Marketplace.  Apa itu  Qlapa?  Qlapa adalah  pasar  online  yang   didedikasikan  untuk produk  buatan  tangan   oleh  pengrajin  Indonesia. Melalui  website   ini,  pengguna dapat membeli produk handmade langsung dari  produsen  yang tersebar di seluruh Indonesia.  Setiap  orang  dapat   menemukan   beragam  koleksi kerajinan  Indonesia   seperti  hiasan gantung, lukisan,  mebel  kayu, perhiasan, dompet  kulit  dan kerajinan tangan lainnya.



Pendahuluan

Situs  ini  diluncurkan  pada tanggal 1 November 2015  dan  didirikan oleh Benny Fajarai  dari  Indonesia. Produk  yang dijual di Qlapa.com  melebihi  uji  standar  kualitas,  sehingga  kualitas  produk  yang dijual tidak akan mengecewakan  pembeli. Banyak  produk  sekarang   dijual.   Anda   juga   dapat   membeli   barang   melalui   sistem   pre-order   kami   di   sini   di   situs   Qlapa.com.   

 Fitur-fitur yang ditawarkan  sangat  bermanfaat   baik  bagi  penjual  maupun   pembeli.  Selain  itu,   keselamatan  juga menjadi prioritas  utama  bagi  pembeli dan  penjual   jika  terjadi  hal-hal   seperti, Pembatalan   Pembelian  dan  Lainnya,  Qlapa  memfasilitasi   hal   tersebut. 


 Menurut   CEO   dan   co-founder   Qlapa  Benny Fajarai,  startup  digital  didirikan untuk  meningkatkan  industri kerajinan  Indonesia.  Ia   mengatakan  Qlapa ingin menyediakan  tempat yang bisa  dikunjungi  oleh seluruh pengrajin lokal di Indonesia.  Harapannya  para pengrajin bisa  menjual   semuanya  di satu tempat dengan sistem yang  cocok   untuk  mereka. Sementara  konsumen  dapat  dengan nyaman dan mudah  menemukan   produk   yang   mereka   butuhkan   dalam  satu tempat.



Pembahasan

Selama beroperasi hampir empat tahun, Qlapa sudah benyak memberikan prestasi :

1. Berjual  produk UKM yang unik

Qlapa  bertujuan   untuk   berbagi   dengan  kearifan lokal.  Barang  yang dijual  adalah  buatan tangan. Mulai dari  baju,  tas, dompet,  aksesoris  rumah hingga aksesoris. Semua  produk  masih dibuat  dengan   tangan,  kecuali  beberapa   barang  yang membutuhkan  mesin. Sehingga harganya  sangat  terjangkau dan berkualitas tinggi.


2. Meraih pendanaan dari investor

Qlapa  telah  mengumumkan  bahwa   mereka   telah   menerima  pendanaan Seri A dari  perusahaan investasi  yang   berbasis   di   India,   Aavishkaar.  Pendanaan ini  tentunya  menjadi kabar baik jika Qlapa  terus  meningkatkan  kualitas  dan  menjual  produk lokal  tidak  hanya di Indonesia  tetapi   juga   di  luar negeri.


3. Sempert meraih penghargaan bergengsi

Qlapa juga memiliki aplikasi  yang   mirip   dengan  marketplace  lain.   Bersaing  dengan startup  ternama   memang   tidak   mudah,   namun  aplikasi  Qlapa patut  mendapat   pengakuan  karena  diakui  sebagai  Best   Unique   Application   oleh  Google Play Awards dan  Most   Promising   Growth   Startup  oleh  Majalah  Forbes Asia  tahun 2018.  meningkat.


4. Berjasa bagi pengusaha local

Sangat   membantu  para pengrajin UKM  untuk  dikenal  di   seluruh   Indonesia   melalui   pemasaran   langsung.   Keberadaan  Qlapa semakin memotivasi  para  pengusaha  produk lokal untuk  tidak  menyerah dan optimis  produknya   bisa  bersaing dengan produk  luar   negeri.


Bagaimana Cara Menjual Kerajinan Tangan Online

- Mengklik menus dibagian bawah situs Qlapa (Footer), kemudia masukan email, no telepon lalu foto kerajinan tangan yang akan dijual.


- Setelah mendaftar untuk menjual kerajinan tangan online di Qlapa, anda harus menunggu pihak Qlapa melakukan uji kualitas produk yang  akan dijual dan apabila sudah disetujui akan mendapatkan email atau melalui sms/telepon.


- Apabila  terjadi transaksi pembelian  atas   barang  yang  dibeli   kemudian,  kelapa akan  melakukan   konfirmasi   bahwa  barang  telah   dikirim  ke alamat tujuan dan  menerima pembayaran dari Qlapa.  Qlapa akan memotong sekitar 20% dari  setiap  transaksi pembelian. Dan  jika   Anda   tidak   melakukan   transaksi,   Anda  tidak akan dikenakan biaya  satu   sen   pun.



Keunggulan

Keunggulan  berikut  menjadikan Qlapa sebagai standar yang  dicintai dan  situs  web  yang menarik  pengunjung  dari berbagai  negara.

1. Dikenal sebagai mall handmade 

Sejak   diluncurkan,  Qlapa  dikenal sebagai  pusat   belanja  online.  Banyak   orang   telah   mendapat   manfaat   dari  situs  ini.   Sempurna  untuk hadiah khusus,  hadiah   lain,  atau koleksi pribadi.  Produk  menarik  di   mal   online   buatan   tangan   ini  antara  lain  kemeja  tie-dye,   tekstil,  tas dan sepatu kulit, dompet, perhiasan,  kain   pelapis,  dan produk buatan tangan lainnya.


2. Berkualitas dan terjangkau 

Semua  produk  yang dijual  oleh   Qlapa memiliki nilai jual yang sangat menarik dan berkualitas. Kualitas  sangat  terlihat   pada  hasil produk dan  tidak   adanya   keluhan  pelanggan. Salah satu  kriteria  hasil  terbaik   adalah   apa  yang  harus  dilakukan  dalam  standar nasional dan  dianggap  melindungi  klien  dari hal-hal yang tidak diinginkan.


3. Terpacaya

Selain itu,  trading  di Qlapa sangat  bisa   diandalkan.   Maka   tentunya   dengan  kepercayaan pelanggan  yang  semakin  meningkat,  hampir semua  pihak   siap  memanjakan  pembeli dengan kepercayaan  diri  dan produk  berkualitas   Mitra   jangka   panjang  yang saling  menghormati.


4. Aman dan nyaman

Salah satu  layanan hebat Qlapa  adalah aman dan nyaman.  Bertransaksi  di sini sangat nyaman dan membuat pelanggan  senang bertransaksi  dengan  Qlapa ini.  Semua pelanggan yang  ingin  membeli produk akan  ditransfer   ke  penjual  segera   setelah  pembeli  menerima produk. Jika transaksi  dibatalkan  sebelum produk  dikirimkan,   harga   pembelian  akan dikembalikan 100%. Transaksi seperti ini sangat  mudah   dan  aman,  tidak perlu jauh-jauh  untuk  berbelanja.


5. Produk lokal kreatif dan modern

Qlapa  mampu  menyediakan panggung  bagi  produk lokal  yang   unik,   berkualitas,   modern   dan  kreatif  untuk  menjangkau pembeli lokal dan internasional. Produk ini  disengaja  karena  dianggap  tidak  tersedia  di  beberapa   bagian  negara. Bagi kami, semua penjual adalah  mitra  berkelanjutan yang saling mendukung dan  menghormati



Kesimpulan

Qlapa merupakan situs markertplace online khusus hanya untuk produk handmade buatan para perajin asal Indonesia yang biasanya membuat dompet kulit, perhiasan, tas dan lainnya. Melalui  website   ini,  pengguna dapat membeli produk handmade langsung dari  produsen  yang tersebar di seluruh Indonesia.  





Daftar Pustaka


admin. (2017). Apa Itu Qlapa.com ? Bagaimana Cara Menjual Kerajinan Tangan Online.

Akbar. (2019). Mengenang 5 Hal Manis dari Qlapa, Startup yang 'Menyerah' Tahun Ini.

Kompasiana. (2018). Lima Keunggulan Belanja Handmade di Situs Qlapa, Karya Asli Anak Indonesia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar