Maret 20, 2023

START UP JURNAL.ID

RAFLY SALIM BRATAATMADJA

44222010059

@AA12-Rafly

 abstrak

Aplikasi Jurnal.id adalah pengelolaan keuangan berbasis web yang menjadi salah satu sumber utama dalam pencatatan transaksi keuangan PT. Wahana Sakti. Dalam aplikasi Jurnal.id terdapat beberapa data yang dikelola diantaranya data penjualan, biaya, pembelian, produk, buku besar, laporan laba rugi, arus kas, dan masih banyak data lainnya yang terdapat pada aplikasi Jurnal.id. Data atau informasi yang dihasilkan, dipengaruhi oleh kualitas dari aplikasi Jurnal.id itu sendiri.

Kata kunci:Jurnal.id


Pendahuluan

Jurnal merupakan buku harian untuk mencatat transaksi keuangan menurut urutan tanggal ke dalam kelompok akun debet dan akun kredit. Dalam akuntansi keuangan terdapat dua jenis buku jurnal, yaitu jurnal umum dan jurnal khusus.PT.Wahana Sakti adalah perusahaan logistic yang bergerak di bidang Ekspedisi yang memiliki pencatatan transaksi setiap harinya, ke dalam akun debet dan kredit. Akuntansi keuangan pada PT.Wahana Sakti dilakukan dengan melakukan pendataan seperti biaya, penjualan, dan pendapatan. Proses tersebut, dilakukan untuk mengetahui pengeluaran dan pemasukan setiap bulannya. saat ini PT.Wahana Sakti sudah memakai aplikasi Jurnal.id berbasis web namun ada sebagian staff di PT.Wahana Sakti belum teliti saat penginputan data, sehingga masih banyak kesalahan saat mendata suatu laporan penjualan di dalam jurnal.id dan membuat staff accounting tersebut sulit untuk membuat laporan keuangan setiap bulannya.


Pembahasan:

Sejarah Jurnal.id

Sebelum mendirikan Jurnal.id, Daniel Witono (CEO) dari Jurnal.id sempat bekerja di beberapa perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi. Mulai dari perusahaan besar seperti Microsoft dan startup seperti Veritrans. Secara tidak langsung, pengalamannya bekerja di perusahaan-perusahaan tersebut telah menginspirasi Daniel untuk mendirikan Jurnal.id. “Sempat di Veritrans, saya dikenalkan dengan metode-metode yang sangat cocok dalam perkembangan teknologi. Juga di Microsoft, saya mengenal metode-metode berbeda yang digunakan. Jadi mana yang lebih cocok untuk startup, saya dapatkan melalui pengalaman saya di dua perusahaan tersebut”, jelas Daniel. Mengenai konsep kantor, Daniel sendiri pernah merasakan bagaimana rasanya bekerja di Open Office dan Cubical. Bagi Daniel, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun ketika berbicara mengenai startup yang ia tengah bangun, Daniel mengusung Open Office yang menurutnya mampu meningkatkan kolaborasi antar anggota tim. Tentunya hal ini ia rasakan melalui pengalaman sendiri. “Kita juga menerapkan flat management, yang mana saya juga terlibat bekerja bersama tim. Juga kita mendorong agar semua anggota tim mau bersuara dan terlibat. Everyone should make an impact. Maka dengan manajemen yang lebih flat ini, semua bisa bersuara dan memberikan dampak (positif) bagi perusahaan”, ujar Daniel.


Fungsi

Jurnal.id memiliki banyak fungsi yang dapat digunakan dalam Bisnis. Berikut ini merupakan fungsi-fungsi dari Jurnal.id.

1.Historis 

Jurnal memiliki fungsi historis yaitu dengan melakukan pencatatan setiap transaksi berdasarkan terjadinya transaksi tersebut. Jurnal menggambarkan kegiatan perusahaan secara berurutan dan terus menerus. Dengan pencatatan yang rutin akan memudahkan Anda dalam mengontrol kegiatan perusahaan.


2.Pencatatan

Jurnal berguna untuk mencatat setiap transaksi yang terjadi di dalam perusahaan. Setiap perubahan kekayaan, modal, biaya, dan pendapatan harus terlebih dahulu Anda catat ke dalam jurnal umum. Tujuan dari pencatatan ini adalah agar dalam pembuatan laporan keuangan perusahaan dapat terselesaikan secara lengkap.


3.Analisis

Pencatatan dalam jurnal merupakan hasil analisis transaksi berupa pendebitan dan pengkreditan akun yang terpengaruh. Analisis ini mengenai penggolongan nama akun, pencatatan dalam pendebitan ataupun pengkreditan beserta jumlahnya. Jika gagal dalam melakukan fungsi analisis ini maka keuangan menjadi tidak balance dan akan membuat akuntan mengulang pekerjaannya. Hal tersebut dapat menghambat kinerja perusahaan.


4.Instruksi dari hasil Jurnal.id

Catatan dalam jurnal merupakan perintah untuk mendebit dan mengkredit akun sesuai dengan catatan dalam jurnal. Selain itu, pencatatan dalam jurnal umum bukan sebatas dokumen transaksi dalam perusahaan, tetapi juga bersifat instruksi atau perintah. Hal ini menegaskan bahwa jurnal umum berfungsi memberikan perintah atau petunjuk dalam proses memasukkan data ke dalam buku besar.


5.Lebih informatif kepada pelanggan

Catatan dalam jurnal memberikan penjelasan mengenai bukti pencatatan transaksi yang terjadi. Dengan kata lain, Anda dapat mengetahui kondisi keuangan maupun kegiatan perusahaan dengan melihat catatan dalam jurnal. Maka dari itu, Anda dapat melakukan pengecekan setiap hari pada perusahaan.


Fitur Fitur aplikasi Jurnal.id 

aplikasi Jurnal.id memiliki fitur fitur memudahkan masyarakat dalam pengelolaan keuangan perusahaan.

Berikut fitur yang tersedia dari Jurnal.id:

inancial dashboard

Financial dashboard dari aplikasi akuntansi adalah sebuah fitur yang menampilkan kondisi keuangan bisnis Anda secara menyeluruh. Fitur ini menampilkan pendapatan, saldo kas, accounts receivable, accounts payable, dan lain-lain. Selain itu, fitur ini akan memudahkan Anda dalam melihat kondisi keuangan perusahaan.

Cash flow forecasting 

Fitur ini akan membantu Anda mengetahui pendapatan dan biaya pengeluaran secara tepat dalam jangka waktu yang ingin Anda tentukan. 


Fast bank reconciliation

Dengan menggunakan sistem ini, Anda dapat secara otomatis mengimpor serta merekonsiliasi seluruh transaksi bank Anda secara aman.


Accrual and amortization

Sistem dalam aplikasi jurnal akuntansi akan meminimalkan terjadinya human error melalui pencatatan serta perhitungan akrual dan amortisasi secara otomatis yang akurat.


Budget management

Fitur budget management membantu Anda dalam mengelola anggaran dengan fitur budget management yang dapat diintegrasikan dengan purchasing management. Selain itu, Anda juga dapat mengatur approval matrix berdasarkan budget yang tersedia pada bisnis Anda.


Analytical reporting

Sistem ini dapat membuat laporan laba rugi, arus kas, neraca, perubahan modal, dan lainnya hanya dalam hitungan detik. Hal itu dapat mengefektifkan dan mengefisiensikan bisnis Anda. Disamping itu, Anda juga dapat mengalokasikan waktu yang tersisa untuk hal lain yang lebih krusial demi kemajuan perusahaan.


Apa kata orang tentang Jurnal.id?

Menurut Michael Chrisyanto (Co-founder EATLAH):

“Eatlah tidak perlu menghabiskan 1-2 hari kerja hanya untuk membuat laporan keuangan secara manual, karena proses diselesaikan secara otomatis dari aplikasi.”


Menurut Andika Kaunang (Direktur PT Elang Cakra Sekurindo):

“Jurnal membantu kami mengetahui kondisi keuangan perusahaan kapanpun dan di manapun, bahkan ketika dalam perjalanan. Saat mengikuti tender, kami bisa mengambil keputusan bisnis secara cepat dan tepat.”


Menurut Yudi Tukiaty (Co-founder & Chief Partnership and Strategic Officer BARDI Smarthome):

“Fitur multi warehouse, memudahkan BARDI melihat pergerakan barang secara jelas, seperti berapa banyak produk yang sedang transit, dikirim ke pelanggan hingga jumlah produk yang ada di gudang cabang saat ini.”


Kesimpulan

Jurnal.id mengotomatisasikan pengelolaan arus kas bagi pengguna, pembuatan laporan keuangan, rekonsiliasi bank, jurnal penyesuaian, pembuatan faktur, dan lain-lain. Proses tersebut akan terintegrasi sehingga membuat bisnis Anda menjadi lebih efektif dan efisien. Dengan penggunaan aplikasi ini, maka proses akuntansi dalam bisnis Anda akan lebih efisien dan terintegrasi, mendapatkan informasi secara real-time dengan tingkat akurasi yang tinggi sehingga meningkatkan profitabilitas bisnis Anda.


Daftar Pustaka

Wijaya, K. (2023, March 14). Aplikasi Jurnal Akuntansi: Pengertian, Manfaat, Dan Fiturnya. Blog - EQUIP Indonesia. https://www.equiperp.com/blog/aplikasi-jurnal-akuntansi/#pengertian

Susanto, T. V., Yudiana, Y., & Setiyani, L. (2022). Analisis Kualitas Aplikasi Jurnal. Id Menggunakan Metode Webqual 4.0 (Studi Kasus: PT. Wahana Sakti). Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, 16(4), 142-152.

Atarita, I. (2016, August 5). Daniel Witono, CEO Jurnal.id Berbicara Tentang startup Dan Budaya Kerja. https://sg.wantedly.com/journals/128

Tidak ada komentar:

Posting Komentar