Maret 19, 2023

Start Up - Phinemo

 

Top 49 Star up pada minggu, 19 Maret 2023 “Phinemo” 

Di buat Oleh Rafanji Apriansyah (46122010147) @AA49-Rafanji




Abstrak

Liburan atau travel menjadi pilihan utama bagi semua orang dalam mengisi waktu istirahat. Liburan menjadi waktu yang di tunggu-tunggu dikarenakan liburan memiliki berbagai opsi dalam menjalaninya. Berlibur di daerah sekitar kita sekalipun berlibur ke tempat yang tidak pernah kita kunjungi.

Permasalahan yang sering di dapati pada saat ingin berlibur adalah permasalahan menginap dimana, bagaimana keadaan tempat berlibur yang ingin kita datangi, dan berbagai pertanyaan lainnya. Kita harus mencari tahu sendiri mengenai pertanyaan-pertanyaan tersebut. Bahkan bisa jadi kita tidak menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kita.

Maka dari itu “Phinemo” hadir menjadi salah satu web browser yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang kita miliki.


Pembahasan 

Phinemo.com adalah salah satu media online atau portal berita online dari banyak lainnya yang saat ini sedang berkembang. Phinemo.com yang merupakan anak dari perusahaan PT. DESnet (perusahaan penyedia jasa Internet Service Provider) berfokus pada pemberitaan tentang dunia traveling dengan secara keseluruhan mengulas traveling sebagai gaya hidup. Phinemo.com menghadirkan dan menyampaikan informasi dan berita yang original kepada pembaca yang tersegmentasi yakni orang-orang yang menyukai dunia traveling (travel enthusiast) melalui website yang dimiliki yakni www.phinemo.com, selain itu ditunjang dengan format web mobile, media sosial hingga aplikasi langsung yang bisa diakses melalui smartphone (Website Phinemo.com).  

Phinemo juga memiliki artikel di dalam web browser nya yang berisi tentang penjelasan dari tempat traveling. Hal ini sangat berguna dan menjadi daya tarik di karenakan dapat menjadi jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang belum dapat di jawab.

Meskipun baru berdiri pada akhir tahun 2014, tetapi Phinemo memiliki traffic yang cukup tinggi dengan usia media yang masih tergolong baru. Berdasarkan data dari Google Analityc website Phinemo, bisa dilihat rata rata perbulan visitor Phinemo mencapai angka 900.000 sedangkan untuk viewers nya lebih dari 1.000.000. Tepatnya pada bulan Januari 2017 jumlah visitors/user sebanyak 979.437 dan viewers mencapai 1.737.402 sedangkan bulan Febuari 2017 dengan visitors 909.442 dan jumlah viewers sebanyak 1.650.889. Berdasarkan sumber dari pegawai Phinemo angka ini cukup stabil dengan jumlah pengunjung 1juta/bulan.

Data ini di ambil pada tahun 2018 yang berarti phinemo dapat berkembang dan bertahan dari berbagai pesaing yang ada. Buktinya phinemo dapat berada dalam 50 besar top star up pada 19 maret 2023. Hal ini membuktikan bahwa phinemo dapat berkembang dan dapat menarik perhatian banyak orang untuk membuka dan memcari tau tentangnya.

Phinemo memilki target auediens yang sangat tersegmentasi yakni para travel enthusiast atau orang-orang yang sangat menyukai dunia traveling. Hal ini diungkapkan, lebih memudahkan sebuah media online untuk mendapatkan pengunjung dan traffic yang tinggi, meski diakui bahwa portal berita Phinemo tidak dikenal secara luas oleh masyarakat. Selain itu, tampilan website yang simple dan menarik menjadi daya tarik tersendiri ditambah lagi informasi yang disajikan Phinemo sangat beragam dan ringan, dengan menggunakan apa yang disebut Romli (2012: 69) dengan “Bahasa Jurnalistik” yang memiliki karakter sederhana, lugas, hemat kata dan menghindari penggunaan kata yang tidak perlu.

Tampilan websitenya sangat sederhana dengan menu-menu dan berita utama (pinned post) dibagian atas, diikuti berita-berita lain dibawahnyaa. Tampilan berita yang disajikan juga hanya menyertakan gambar utama dan judul berita supaya pembaca tertarik untuk membuka link dan bisa lebih cepat menjadi informasi yang inginkan.

Adapun menu yang terdapat dalam website Phinemo.com adalah sebagai berikut :

Adventure : Menu Adventure dalam website Phinemo berisi informasi seputar travel dengan tema petualangan yakni banyak membahas tentang alam. Informasi yang dihadirkan berupa catatan perjalanan, tips n trick, cerita/kisah traveler berpetualang serta ulasan dan highlight terkait tema adventure.

Destination : Konten yang ada dalam menu Destination ini berisi tentang informasi destinasi-destinasi wisata yang bisa dijadikan referensi khalayak untuk melakukan traveling.

Stuff : Menu Stuff dalam website Phinemo bersikan tentang barang-barang atau perlengkapan traveling yang diinformasikan dengan format ulasan, Do It Yourself, list maupun tips dan pengalaman orang-orang.

Accomodation : Menu Accomodation memberikan pembaca informasi tentang segala hal terkait akomodasi saat melakukan traveling, mulai informasi tentang hotel, penginapan, transportasi dan juga tips n trick nya mendapatkan akomodasi yang memadai dan diinginkan.

Culture : Menu Culture pada website Phinemo mengulas travel dalam tema budaya. Tidak hanya di Indonesia, tetapi juga budaya-budaya yang ada di luar negeri.

What News : Menu ini memberikan informasi-informasi terbaru tentang segala hal yang berkaitan dengan traveling misalnya kenaikan harga tiket masuk destinasi wisata, pembukaan jalur baru, dan kebijakan-kebijakan baru yang berkaitan dengan traveling.

Story : Menu Story ini berisikan tentang cerita orang-orang yang telah melakukan traveling ke banyak tempat. Dalam menu ini kita bisa membaca tentang pengalaman banyak orang melakukan perjalanan, informasi yang disediakan tidak melulu tentang tempat wisatanya tetapi juga nilai yang didapat serta tips n trick.


Kesimpulan 

Phinemo merupakan salah satu web browser yang dapat berkembang serta dapat bersaing dengan we browser lainnya. Phinemo dapat menjadi jawaban dari pertanyaan yang kita miliki di bidang travel. Banyak sekali menu yang ditawarkan yang menjadi daya pemikat bagi banyak orang dan memudahkan banyak orang dalam membaca dan mencari tahu jawaban dari pertanyaan yang dimilikinya.


Daftar Pustaka 

Malinda, Vania (2018) Peran Koordinator Media Sosial dalam Pengelolaan Kanal Event di Website Phinemo.com. Bab I, Halaman 5-8. http://eprints.undip.ac.id/61274/2/2._BAB_I.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar