Maret 19, 2023

START UP DIGSTRAKSI

 

START-UP DIGSTRAKSI

 

Oleh : Putri Haniffah  (@AB27-putri)

NIM : 46122010087

 


 

Sebelumnya mari kita berkenalan dulu dengan.. “apasih start-up itu?”

Nah, startup adalah perusahaan rintisan atau perusahaan baru yang bergerak dibidang internet dan sumber informasi atau teknologi. Biasanya perusahaan rintisan ini mengedepankan kemampuan teknologi agar berkembang. Dan pada jaman millennial ini, banyak anak muda yang mengembangkan start-up.

 

Sejarah Singkat Startup

Singkatnya, startup dapat dikenal dan makmur sekarang ini dikarenakan pada tahun 1998-2020 ada startup dot.com. Yang dimana startup tersebut popular dan makin berkembang, sehingga para pembisnis berbondong-bondong mengikuti arus ini.

 

 

 

 

DIGSTRAKSI

 

Lalu apasih perusahaan digstraksi itu?

Nah, perusahaan digstraksi adalah perusahaan top starup di teknokreatif yang menduduki rank 67 di Indonesia.

 

Pengertian StartUP Digstraksi

Digstraksi adalah Media-User Generated yang bertujuan untuk meningkatkan literasi & wawasan masyrakat dengan menyajikan konten-konten informatif dari netizen untuk netizen.

 

Digstraksi Competitors

Sudah jadi hal yang cukup biasa dikalangan pembisnis maupun perusahan bahwa pasti akan selalu ada yang namanya “bersaing”. 

Disini ada beberapa pesaing yang dapat saya jabarkan berdasarkan industrinya. Antara lain adalah :

1.     Cakrawala

2.     Pikastar

3.     The Persepective

 

 

 

Pembahasan

 

REVIEW DIGSTRAKSI

Setelah kita menjelaskan secara singkat apa itu digstraksi, disini saya akan mereview startup digstraksi itu bagaimana, kenapa, dan lain-lain.

 

Menurut saya, startup ini adalah salah satu startup yang dapat memberikan informasi-informasi penting dan terbaru sehingga masyarakat atau netizen dapat melihat informasi yang dapat diolah tanpa membuangnya (karena informasi tersebut berguna). Bisa dilihat didalam web digstraksinya, bahwa web ini sudah mapan alias dalam mengembangkan web sudah cukup bagus bahkan berita dari luar negeri pun dapat masuk dan dijadikan sebagai berita hot news dalam web digstraksi. Di dalam webnya tersebut juga ada terdapat fitur-fitur yang dapat membedakan dari segi genre beritanya. Sehingga dapat memudahkan pembaca (istilahnya) dapat langsung mencari genre dan langsung masuk ke dalam genre yang pembaca mau.

 

Contoh kategori artikel adalah :

A.    Beauty : Berisikan konten-konten tentang kecantikan, make up, bahkan sampai skincare dan perawatan.

B.    Otaku : Berisikan konten-konten yang bertemakan anime atau hal-hal yang berbau jejepangan.

C.     Enterinment : berisikan konten-konten artist. Biasanya penaynyi korea maupun actor actor lain.

D.    Film & Serial : Biasanya berisikan link nonton, rekomendasi film dan film-film terbaru.

E.    Teknologi : Berisikan kkonten-konten berbau teknologi seperti handphone keluaran terbaru.

F.     Food : Berisikan konten-konten tentang kulineran, food vlogger dan rekomendasi makanan.

G.    Traveling : Berisikan konten-konten seputar traveling atau tempat-tempat yang cocok untuk

                           bepergian.

H.    8. Kesehatan : Berisikan tentang konten edukasi, hal-hal yang berbau sakit atau meninggal.

I.      Hewan : Berisikan konten seputar hewan lucu, hewan rumahan dan lain-lain.

J.      Lifestyle : Berisikan tentang konten cara hidup yang baik, bagus atau cara hidup seseorang.

K.    Lainnya : Dimasukkan jika tidak termasuk kedalam kategori diatas.

 

Ada juga fitur “SEARCH” dikolom kanan atas. Dan itu salah satu point penting untung mencari berita jikalau berita tersebut tidak terpampang di halaman depan. Dengan kata lain karena adanya fitur search ini, pembaca lebih gampang lagi untuk mencari berita yang ia mau, sehingga tidak akan susah-susah untuk menscroll demi mencari satu berita. Berikutnya yang mau saya review adalah didalam web kita dapat langsung loh menulis artikel yang mau ditulis lalu dipublikasikan di dalam web digstraksi. Jujur ini baru pertama kali aku melihat web yang dapat menambah artikel khususnya untuk khalayak ramai. Fiturnya ini ada disamping fitur SEARCH dan terlihat jelas karena ditampilkan dengan background hitam. Dengan begini pembaca tidak hanya dapat membaca saja. Tetapi bisa sharing berita-berita atau informasi penting yang sekiranya khalayak dapat mengetahui tentang berita tersebut.

 

Dan lebih kagetnya lagi, bahwa di dalam web digstraksi ini bukan hanya informasi atau berita penting di dalam atau luar negara tetapi ada banyak informasi yang hadir seperti anime yang dimana web jarang sekali menghadirkan kategori tersebut.

 

Dan terakhir untuk halaman depan. Dapat dilihat bahwa dipampang sangat rapi dan tidak sesak serta dilakukan per kategori dan diberi space per kategori sehingga tidak akan membingungkan pembaca kalau ingin scroll.

 

 

MIND-MAP


 

DAFTAR PUSAKA

( https://digstraksi.com/# ) di akses pada tanggal 19 Maret 2023, pada pukul 16.00 wib

( https://www.kompas.com/skola/read/2021/09/07/160000869/startup--pengertian-jenis-karakteristik-dan-contohnya-di-indonesia ) di akses pada tanggal 19 Maret 2023, pada pukul 16.02 wib

Tidak ada komentar:

Posting Komentar