Maret 20, 2023

Start Up Mojok.co

Kevin Ramy Martin (@AA05-Kevin)


Abstrak

Mojok.co adalah salah satu media online yang ada di Indonesia yang telah menjadi Top 5 diantara 100 top perusahaan yang ada di Indonesia menurut startupranking.com di per tanggal 20 Maret 2023. Situs didirikan oleh Puthut EA di Yogyakarta.

Pembahasan

            Mojok.co yang didirikan oleh orang yang Bernama Puthut EA yang dimana situs ini didirikan di Daerah Istimewa yaitu Yogyakarta. Namun sayangnya tidak info kapan dan sudah berapa lama situs ini telah didirikan. Mojok.co juga adalah salah satu Media online yang berada di top 100 perusahaan di Indonesia yang menduduki peringkat ke 5 di per tanggal 20 Maret 2023. Salah satu keunikan dari situs Mojok.co ini adalah, selain ditulis oleh para redaksi mojok, situs ini juga menerima naskah-naskah kiriman dari pembaca mojok.co. Sama seperti media online pada umumnya, Mojok.co juga berisi pemberitaan seputar isu-isu sosial, isu-isu politik, agama dan budaya pop dalam bentuk esai, liputan, dan user generated content (UGC). Mojok.co juga selalu mewadahi tulisan dari para penulis yang punya energi serta kreativitas berlebih. Setiap harinya, Mojok.co juga selalu menerbitkan artikel-artikel yang dimuat didalam rubik esai, Susul (Sunguh Sunguh Liputan), Kilas, Konter, Otomojok dan malam jumat. Selain artikel, Mojok.co juga memproduksi konten dalam bentuk video ataupun podcast. Mojok juga bisa ditemui di platform aktif sosial media seperti Twitter, Instagram, Facebook dan Tiktok.


Adapun beberapa hal-hal yang menarik dan bisa menjadi sebuah perbedaan Mojok.co dengan media media online yang ada yaitu:

1.      Thumbnail gambar yang unik

Tidak seperti kebanyakan media-media online seperti umumnya yang menggunakan foto hasil jepretan kamera untuk menarik para pembaca, Mojok.co justru menggunakan illustrasi yang dibuat dengan sangat minimalis, yang hal ini dapat membuat para pembaca menjadi tertarik untuk mengunjungi Mojok.co

2.      Memiliki tampilan UI yang sangat minimalis

Memiliki UI yang menarik adalah salah satu trik untuk bisa mengundang para pembaca untuk mau selalu terus membaca di web miliknya. Hal ini lah yang di punyai oleh Mojok.Co yang mempunyai tampilan UI yang minimalis dan juga tertata dengan rapi sesuai dengan topik topiknya.

3.      Memiliki Menu Terminal

Di situs Mojok.Co memiliki menu yang Bernama “Terminal” seperti dari Namanya, menu ini dikhususkan untuk orang-orang yang ingin mencari berita ataupun info-info yang lebih spesifik seperti menu Nusantara dengan berita seputar yang ada di Indonesia baik di kota-kota ataupun daerah pelosok. Menu Gaya hidup yang berisi tentang Game, Fashion, Otomotif, Olahraga, Sapa Mantan, Gadget, Personality. Lalu ada menu Kampus yang berisi tentang Ekonomi, Loker dan pendidikan. Menu Hiburan yang berisikan tentang Film, Sinetron, Acara TV, Anime, Musik dan serial. Dan juga tersedia menu politik dan juga tubir.

4.      Memiliki media berupa Video

Tidak hanya berupa tulisan, Mojok.co juga memproduksi berita berupa video yang biasanya di upload di platform sosial media seperti Youtube atau Tiktok. Mojok.co mempunyai banyak topik pembahasan video yang ada seperti Podcast yang Bernama “PutCast”, Politik, Hiburan dan juga lifestyle.

Kesimpulan

            Menurut penulis, ada beberapa point point yang membuat situs Mojok.co begitu populer dan berhasil masuk kedalam top 100 perusahaan start up di Indonesia yaitu: memili thumbnail yang menarik dikarenakan mereka membuat dengan menggunakan illustrasi yang sansat simple yang dapat membuat para pembaca tertarik, lalu isi pembahasan yang dibawa sangatlah ringan karena tujuan dari mojok.co adalah membuat konten yang segar dan juga menghibur.

Daftar Pustaka

Startupranking.com/top/Indonesia

Mojok.co

https://www.kpopsquad.com/2022/01/biodata-puthut-ea-kepala-suku-mojok.html

Mojok.co/terminal/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar