Maret 19, 2023

START UP - NIAGAHOSTER

 MUHAMMAD AKMAL BAIHAQI (@AA06-Akmal)

Abstrak 

    Niagahoster adalah salah satu perusahaan penyedia layanan web hosting terbaik di Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 2013 dan merupakan bagian dari Hostinger group, sebuah perusahaan hosting internasional yang memiliki 500 server di seluruh dunia.

    Niagahoster sendiri menawarkan banyak layanan dan fitur bagi para penggunanya dengan harga yang relatif lebih murah dari penyedia hosting lainnya. Tidak hanya itu Niagahoster juga berada pada peringkat top 6 start up di Indonesia, sejalan dengan prestasi prestasi tersebut, apakah layanan yang ditawarkan niagahoster dan apa yang membuat masyarakat tertarik.

Pendahuluan

    Berdiri sejak tahun 2013, Niagahoster selalu menjamin kualitas uptime server 99.9%, dukungan CS 24 jam, dan memberikan harga termurah di kelasnya. Dan juga berkomitmen untuk senantiasa memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan, baik profesional maupun personal.

    Misi Niagahoster adalah membantu jutaan orang memanfaatkan potensi yang ada di internet untuk membangun kesuksesan online melalui layanan web hosting yang stabil, cepat dan mudah.

Pembahasan

MIND MAP

    Niagahoster adalah penyedia hosting murah dengan disk space dan bandwidth unlimited, technical support 24 jam, cPanel, SuperMicro server, dan datacenter tier-3 Biznet yang canggih di Indonesia (dan datacenter Singapura). Niagahoster didirikan sebagai perusahaan dengan nama PT. Web Media Technology Indonesia. 

    Niagahoster merupakan bagian dari Hostinger Group, sebuah grup hosting international yang menangani lebih dari 500 server di seluruh dunia. Dengan pengalaman yang dimiliki, Niagahoster merupakan pilihan terbaik untuk meningkatkan kredibilitas bisnis dan website Anda.

Layanan Yang Tersedia Di Niagahoster

    Selain memiliki banyak fitur dan infrastruktur yang mumpuni, Niagahoster juga memiliki beberapa layanan bagi para penggunanya. Berikut adalah beberapa layanan yang tersedia di Niagahoster:

1. Unlimited Hosting

    Unlimited Hosting merupakan salah satu layanan yang tersedia di Niagahoster. Layanan ini juga memiliki fitur hosting yang lengkap. Didalamnya juga terdapat berbagai paket yang bisa kalian pilih sesuai dengan kebutuhan web kalian. Harga paket tersedia mulai dari yang termurah di harga 10.000/bulan sampai yang termahal di harga 148.800/bulan. Biasanya akan ada potongan harga untuk pembelian pertama kalian.

Berikut adalah beberapa paket yang tersedia di layanan Unlimited Hosting Niagahoster:

     Paket Bayi – 10.000/bulan

     Paket Pelajar – 61.800/bulan

     Paket Personal – 107.250/bulan

     Paket Bisnis – 148.800/bulan

2. Cloud Hosting

    Cloud Hosting merupakan layanan hosting yang penyimpanan data dan filenya disimpan dalam sebuah server virtual/cloud melalui jaringan internet. Jadi penggunanya tidak membutuhkan tempat penyimpanan fisik/hardware seperti hosting biasa.

    Cloud Hosting cocok untuk kalian yang memiliki traffic website yang tinggi dan membutuhkan keamanan website yang tinggi. Niagahoster memisah layanan ini kedalam beberapa paket. Berikut adalah beberapa paket yang tersedia di layanan Cloud Hosting Niagahoster: 

     Paket Basic – 250.000/bulan

     Standard – 350.000/bulan

     Premium – 600.000/bulan

     Corporate – 1.200.000/bulan

3. WordPress Hosting

    Ini merupakan layanan hosting yang dibuat khusus untuk para pengguna CMS WordPress.

    Layanan ini berguna supaya para pemilik website hanya perlu fokus pada konten atau bisnis yang ada di website wordpress mereka. Para pemiliki tidak harus repot-repot mengurus berbagai macam masalah teknis seperti kecepatan loading, keamanan, dan masalah resource yang terbatas karena itu semua sudah di-manage oleh team ahli dari Niagahoster. Jadi kalian tidak perlu meragukan lagi kemampuannya.

    Sama seperti layanan lainnya, WordPress hsoting juga tersedia dalam beberapa paket. Berikut adalah beberapa paket yang tersedia di layanan WordPress Hosting Niagahoster: 

     Paket WP Pelajar – 61.800/bulan

     Paket WP Personal – 107.250/bulan

     Paket Bisnis – 148.800/bulan

4. VPS KVM

    VPS KVM adalah layanan yang tersedia di Niagahoster. Ini merupakan layanan hosting VPS yang menggunakan KVM atau kernel-based virtual machine sebagai sistem virtualisasinya. Layanan cocok digunakan jika kalian memiliki traffic website yang tinggi, menginginkan kontrol penuh terhadapa pengaturan hosting, dan ingin memiliki ip address yang terdedikasi.

    Di Niagahoster VPS KVM hadir dalam beberapa paket. Berikut adalah beberapa paket yang tersedia di layanan VPS KVM Niagahoster: 

     VPS Small – 100.000/bulan

     VPS StartUp – 130.000/bulan

     VPS Professional – 250.000/bulan

     VPS Business – 325.000/bulan

5. Domain

    Selain menyediakan layanan hosting, Niagahoster juga menyediakan paket untuk pembelian domain sesuai keinginan kalian dengan harga yang terjangkau. Tidak hanya itu, bahkan disitunya tersedia fitur cek domain supaya para pembeli bisa mengetahui apakah nama domain dan ekstensi yang akan mereka beli tersedia atau tidak.

6. Website Instan

    Layan web hosting terakhir yang tersedia di Niagahoster adalah Website Instan. Layanan ini menyediakan pembuatan website instan yang siap digunakan. Berbagai macam pilihan website profesional bisa kalian pilih sesuai kebutuhan.

    Sebelum membeli kalian dapat melihat fitur dan melakukan percobaan/demo untuk mengetahui informasi website secara lengkap. Didalam fitur demo tersebut akan ditampilkan website yang kalian pilih secara penuh melalui browser. Menu-menu yang ada di dalam website dapat kalian klik supaya bisa merasakan pengalaman menggunakan website.

    Setiap website yang kalian pilih pasti memiliki tampilan yang responsif. Jadi website akan tetap tampil optimal di berbagai perangkat seperti Desktop, Tablet, maupun Mobile. Tampilan responsif website juga dapat kalian coba melalui fitur demo.

Kelebihan & Kekurangan Niagahoster

    Berikut kelebihan dan kekurangan Niagahoster yang saya dapatkan dari review Suara.Com:

Kelebihan Niagahoster

     Performa kencang dengan load time hanya 428 ms.

     Server stabil dengan persentase uptime 99.98%.

     Spesifikasi hardware server yang canggih.

     Data Center Tier 4 yang selangkah lebih maju.

     Fitur keamanan berlapis untuk server dan website yang aman.

     Kualitas support menjanjikan dengan skor kepuasan 93%.

     Migrasi hosting dan domain tanpa biaya tambahan.

     Opsi langganan bulanan di semua layanan hosting.

     Garansi 30 hari uang kembali tanpa syarat.

Kekurangan Niagahoster

     Paket Bayi cukup terbatas dari segi fitur dan sumber daya server.

     Harus berlangganan selama tiga tahun untuk menikmati harga termurah.

     Belum tersedia fitur untuk memilih lokasi server.

Kesimpulan

    Jadi, Niagahoster merupakan perusahaan penyedia layanan web hosting dengan harga terjangkau yang memiliki banyak fitur bagi para penggunanya. Intinya Niagahoster bisa membantu segala kebutuhan kalian dengan pilihan layanan web hosting yang tersedia dalam beberapa paket. 

Daftar Pustaka

Startup Rangking. 2013. Niaga Hoster. Diakses pada 19 Maret 2023 melalui https://www.startupranking.com/niagahoster

Risyan, Resa. 2022. Apa Itu Niagahoster?. Diakses pada 19 Maret 2023 melalui https://www.monitorteknologi.com/apa-itu-niagahoster/#penci-Apa-Itu-Niagahoster 

NIAGAHOSTER. TENTANG NIAGAHOSTER. Diakses pada 19 Maret 2023 melalui https://www.niagahoster.co.id/about-us

Jemadu, Liberty. 2022. Review Niagahoster: Web Hosting dengan Performa dan Fitur yang Unggul. Diakses pada 19 Maret 2023 melalui https://www.suara.com/tekno/2022/09/10/154357/review-niagahoster-web-hosting-dengan-performa-dan-fitur-yang-unggul 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar