April 07, 2023

APA ITU KEWIRAUSAHAAN?

 

APA ITU KEWIRAUSAHAAN?

Najwa Amira Hafiz

(@AB08-Najwa)




Pengertian Kewirausahaan

Kewirausahaan adalah suatu bidang yang melibatkan kegiatan-kegiatan untuk menciptakan dan mengembangkan bisnis atau usaha dengan tujuan untuk mencari keuntungan. Kegiatan-kegiatan tersebut meliputi proses pengenalan peluang, merancang model bisnis, mengumpulkan sumber daya, merencanakan strategi, memimpin dan mengelola usaha, serta menghadapi risiko dan tantangan dalam menjalankan bisnis tersebut.

 

Seorang wirausahawan atau pengusaha diharapkan memiliki keterampilan dalam mengidentifikasi peluang bisnis, melakukan analisis pasar, merancang produk atau layanan yang inovatif, mengatur keuangan, membangun jaringan, serta mempromosikan dan memasarkan produk atau layanan yang dihasilkan.

 

Selain itu, kewirausahaan juga memegang peran penting dalam perekonomian global, karena dapat menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, memajukan teknologi, dan mendorong perkembangan sosial. Kewirausahaan juga memberikan kesempatan bagi individu untuk mengembangkan kreativitas, keberanian, ketekunan, dan kemampuan untuk mengambil risiko.

 

Dalam kewirausahaan, pengusaha dapat memilih untuk menjalankan bisnis dengan berbagai jenis dan skala usaha, mulai dari bisnis kecil hingga besar, usaha mandiri, franchise, maupun sosial. Sebagai suatu bidang yang terus berkembang, kewirausahaan juga memperoleh perhatian yang semakin besar dari masyarakat, pemerintah, serta institusi-institusi pendidikan dalam meningkatkan kemampuan dan kompetensi para wirausahawan.

 

Tujuan Kewirausahaan

1.     Mendukung Usaha Mikro Menengah Kecil Masyarakat (UMKM)

Saat ini, ada 64,2 juta UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia. UMKM tersebut turut menyumbang 61,07 persen dari dana APBD dan menyerap 97 persen dari total tenaga kerja. Oleh karena itu, selain berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian Indonesia, kewirausahaan juga berhasil membantu mengatasi permasalahan di masyarakat dengan menciptakan lapangan kerja.

 

2. Menumbuhkan Semangat Berinovasi

Semakin banyak orang yang melakukan wirausaha, maka semakin ketat pula persaingan yang terjadi. Maka dari itu, setiap pelaku wirausaha terus berinovasi untuk menciptakan produk barang maupun jasa yang unik dan bernilai tinggi, agar tidak tenggelam dalam arus persaingan.

 

3. Kesejahteraan Masyarakat Terangkat

Selain memiliki dampak positif bagi ekonomi, banyaknya lapangan kerja yang tercipta berkat adanya wirausaha juga turut berdampak positif bagi sosial masyarakat. Dengan terciptanya lapangan kerja, tingkat pengangguran dan kriminalitas pun juga akan berkurang.

 

Jenis-Jenis Kewirausahaan

Kewirausahaan dibagi menjadi 3 jenis berdasarkan jenis usahanya, yaitu:

 

 

1. Usaha Ritel

 

Usaha ritel merupakan suatu usaha yang melibatkan penjualan barang dan jasa konsumen. Usaha jenis ini memiliki karakteristik Business to Consumer (B2C), yang bertujuan menjual produk ke konsumen untuk dipakai secara pribadi (tidak dijual lagi). Salah satu contoh usaha ritel yang populer adalah jaringan minimarket yang tersebar di seluruh Indonesia.

 

2. Industri Kreatif

 

Industri kreatif merupakan jenis wirausaha yang betujuan untuk menghasilkan keuntungan dengan memanfaatkan bakat maupun ide dari seorang individu maupun sekelompok orang. Beberapa macam bidang industri kreatif, seperti fashion designer, penulis, copywriter, pelukis, desainer, ghostwriter, penulis artikel, dan masih banyak lagi.

 

3. Startup Bisnis

 

Startup bisa dikategorikan sebagai bisnis yang masih mengalami perkembangan, baik dalam menentukan pasar maupun pengembangan produknya. Umumnya, startup identik dengan produk atau layanan yang berbasis teknologi. Sebuah usaha dapat dikategorikan sebagai startup jika memiliki 3 hal, yakni pendiri atau founder, investor atau pemilik dana, dan produk atau layanan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar