April 13, 2023

BERWIRAUSAHA DI USIA MUDA

Putri Andini

@AB24-Putri


BERWIRAUSAHA DI USIA MUDA



Berkat perkembangan teknologi, banyak orang dapat dengan mudah berbelanja dan sejenisnya dengan smartphone mereka. Juga, banyak minat masyarakat untuk berbisnis melalui penciptaan inovasi terbaru seperti makanan, pakaian, dan peralatan olahraga. Namun menurut Badan Pusat Statistik (BPS), proporsi pengusaha di Indonesia masih 3,47%, atau hanya sekitar 9 juta dari total penduduk. Indonesia membutuhkan setidaknya 9 juta pengusaha baru untuk memperkuat struktur ekonominya. Pada tahun 2045, pertumbuhan demografis menunggu negara Indonesia. Ini adalah situasi di mana populasi usia produktif berusia 16-65 tahun di negara ini tumbuh. Efek positif dari dividen penduduk terhadap perekonomian adalah dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, namun tanpa sistem dan persiapan yang baik, manfaat dari dividen penduduk tidak akan memberikan efek yang positif. Oleh karena itu, salah satu upaya untuk menjaga dampak positif tersebut adalah dengan meningkatkan kualitas talenta, meningkatkan minat pengusaha muda dan memastikan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. . 

Kewirausahaan adalah proses mendirikan dan mengelola usaha. Proses ini menggabungkan inovasi, peluang, dan cara yang lebih baik untuk memberi nilai tambah pada hidup Anda. Pengusaha umumnya dianggap sebagai inovator. Persiapkan semua persyaratan bisnis Anda sendiri dan bersiaplah untuk risiko yang akan Anda hadapi. 

Menurut Thomas W. Zimmerer dan Norman M. Scarbrough, dalam bukunya Entrepreneurship and Small Business Management, menyatakan: Pengusaha tidak mencari risiko, mereka mencari peluang 


Inilah tujuan kewirausahaan :

1. Penaklukan dan penciptaan lapangan kerja baru bagi masyarakat 

Seiring dengan berkembangnya perusahaan, dibutuhkan lebih banyak orang. Ini menciptakan lapangan kerja bagi lebih banyak orang dan membantu mengatasi pengangguran. 

2. Peningkatan wirausaha yang berkualitas 

3. Menciptakan teknologi, produk, dan jasa baru

4. Mendorong terciptanya usaha baru 


Keunggulan kewirausahaan adalah: 

 1. Belajar bisnis dan menambah pengalaman 

 2. Memerangi pengangguran 

 3. Belajar menciptakan lapangan kerja 

 4. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat 


Jika Anda ingin menjadi seorang wirausaha sukses di usia muda dengan sedikit pengalaman, Anda tidak punya pilihan selain menggunakan sikap dan pengalaman yang tegas, tetapi itu diperlukan banyak waktu. Namun belajar dari pengalaman wirausaha sukses dapat membantu Anda mencapai kesuksesan lebih cepat. Berikut beberapa tipsnya: 

 1. Buat Daftar Impian 

 Tuliskan semua impian Anda pada secarik kertas dan tempelkan di dinding kamar Anda atau di mana saja yang dapat Anda lihat. Saat sudah terwujud, coret impian-impian tersebut.

 2. Pelajari dasar-dasar bisnis 

Tidak mungkin memasuki kehidupan bisnis tanpa belajar. Ada baiknya mempersiapkan diri sebelum memasuki dunia bisnis. 

 3. Belajar dari pengalaman pengusaha sukses 

Kita harus melihat pengalaman orang lain dan belajar dari mereka. Jika melihat pengalaman kegagalan orang lain, dapat menghemat energi dan waktu daripada mengalami kegagalan yang sama seperti orang lain. 

4. Berani mengambil resiko 

Semakin besar impian yang ingin dicapai, semakin besar pula resikonya. Pengusaha sukses percaya bahwa risiko adalah tantangan dan jika Anda bisa mengatasinya dengan baik. Mereka yang berani mengambil resiko adalah calon sukses. 

5. Jangan takut gagal 

Kegagalan adalah langkah menuju kesuksesan. Jadi jangan sedih saat menghadapi kegagalan. Artinya kita sudah dekat dengan kesuksesan. 

 6. Terbuka terhadap pendapat orang lain 

 Mengidentifikasi kekurangan yang ada dengan mendengarkan kritik dan saran orang lain.

7. Miliki sikap antusias

Jika kita antusias terhadap usaha kita, sebanyak apapun kegagalan yang kita temui, maka itu tidak akan meruntuhkan impian kita untuk mencapai kesuksesan.

8. Jadilah seorang pekerja keras

Jika kerja keras ditambah dengan kerja cerdas maka kita akan menadapatkan kesuksesan yang begitu besar.

9. Carilah teman sebanyak mungkin

Dengan banyak nya teman, bisa saja mereka menjadi mitra bisnis kita dan memberikan peluang kepada kita yang kita sendiri pun tidak pernah menduganya.

10. Buang sifat menunda-nunda pekerjaan

Tidak ada seseorang yang sukses tapi ia malas. Semua orang yang sukses adalah pekerja keras. Karena sampai kapanpun, seorang pemalas tidak pernah bertemu dengan sebuah kesuksesan.


Demikan yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi para calon wirausaha muda. Terima kasih.


DAFTAR PUSTAKA

Edelweis Lararenjana. 2020. "Ketahui Tujuan Wirausaha Beserta Fungsi, Manfaat, dan Karakteristiknya". https://www.merdeka.com/jatim/ketahui-tujuan-wirausaha-beserta-fungsi-manfaat-dan-karakteristiknya-kln.html?page=4 (diakses tanggal 12 maret 2023 pukul 21.32)

Selly. 2022. "Definisi Kewirausahaan adalah Menciptakan Sesuatu dengan Nilai Tambah". https://www.selly.id/blog/definisi-kewirausahaan-adalah/ (diakses tanggal 12 maret pukul 20.40)

Belajar Berbisnis. 2015. "Cara Menjadi Pengusaha Sukses Dengan 11 Tips Menjadi Pengusaha Sukses". https://youtu.be/PuivjuouZ04 (diakses pada tanggal 12 Maret pukul 21.18)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar