April 04, 2023

IDE BERBISNIS ALA MAHASISWA

Siapa disini yang sudah menjadi mahasiswa? Sebagai mahasiswa pasti tentu ingin memperoleh penghasilan tambahan selain mendapat uang saku dari orang tua. Tapi sayangnya, masih banyak mahasiswa bingung harus mencari uang tambahan dari mana dan bagaimana. Padahal jika lebih teliti, tersedia beberapa peluang bisnis untuk mahasiswa dengan modal kecil namun tetap menguntungkan Bisnis Ala Mahasiswa adalah suatu jenis kegiatan yang dilakukan seseorang atau beberapa orang yang berhubungan dengan 14 transaksi penjualan barang maupun jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan berupa penghasilan.

Di zaman seperti sekarang ini, banyak sekali mahasiswa/i yang terjun ke dunia bisnis. Bagi seorang mahasiswa/i yang baru memulai bisnis sebenarnya tidak perlu modal yang terlalu besar. Apalagi mahasiswaa/i yang memang sudah memiliki jiwa bisnis, apapun bisa dijadikan ladang berbisnis dengan catatan berbisnis dengan prinsip HBB (Halal, Baik dan Berkah). Sebagai seorang mahasiswa/i jika kalian minim biaya untuk modal berbisnis jangan sedih yaa, karena ada solusinya lohh.... kalian bisa kok jadi dropshipper atau sebagai reseller. Selain meminimalisir resiko dan modal yang menjadi seorang dropshipper atau reseller, kalian tetap memiliki banyak waktu untuk melakukan kegiatan lainnya, tergantung bagaimana kalian bisa memanajemen waktu berharga yang dimiliki sebaik mungkin. Bahkan, terdapat pula contoh bisnis untuk mahasiswa tanpa modal seperti jasa penerjemah. Menarik sekali, bukan? Nah, jika kalian ingin mengetahui ide-ide usaha lainnya, yuk simak daftarnya yang ada di bawah ini.

Berikut rekomendasi ide bisnis untuk mahasiswa pemula dengan modal kecil. Simak baik-baik ya.

Bisnis jasa Penerjemah
Banyak mahasiswa memiliki kemampuan berbahasa asing terutama bahasa Inggris. Jika kamu memiliki kemampuan tersebut, maka jangan ragu untuk menjadikannya sebagai ladang cuan. Bisnis jasa penerjemah merupakan salah satu bisnis untuk mahasiswa yang sangat menguntungkan. Apalagi jika kamu berasal dari mahasiswa jurusan sastra/bahasa karena, peluang tersebut dapat menghasilkan dengan membuka jasa penerjemah. Ide bisnis ini tidak mengeluarkan modal sama sekali. Sehingga cocok untuk mahasiswa yang ingin menambah penghasilan lewat berbisnis. 

(sumber: pinterest)

      Membuka usaha bimbel (bimbingan belajar)
Sebagai mahasiswa tentu kamu dapat membuka peluang usaha bimbel. Kamu dapat mengajar anak SD, SMP, hingga SMA melalui bimbingan belajar. Selain itu, membuka bisnis bimbel pada sesama mahasiswa juga terbuka lebar peluangnya. Pasalnya masih ada mahasiswa yang membutuhkan bantuan orang lain untuk menguasai mata kuliah tertentu. Kamu juga bisa menjalankan bisnis bimbingan belajar di luar akademis. Jika kamu memiliki keterampilan tertentu seperti vokal, bermain gitar, berenang, dan lainnya, kalian dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan banyak uang dengan membuka kursus di bidang tersebut.


Menjual buku bekas
Mahasiswa tentu membutuhkan buku-buku akademik untuk menunjang kegiatan semasa perkuliahan. Kondisi ini dapat dijadikan peluang usaha dengan menjual buku bekas. Mahasiswa cenderung membeli barang dengan harga murah. Sehingga menjual buku bekas dengan harga lebih murah tanpa mengorbankan fungsinya akan sangat laris di kalangan mahasiswa.

Kamu dapat memperoleh buku bekas melalui pengumpul buku atau kakak tingkat yang tidak membutuhkannya lagi. Lalu jual kembali buku bekas tersebut kepada mahasiswa yang memerlukan atau bisa juga menjual buku-buku novel kalian yang sudah tidak kalian baca lagi. Menarik bukan!.

Jualan sarapan
Bagi mahasiswa yang harus berkuliah pagi hari biasanya tidak sempat sarapan. Anda dapat menjual sarapan di dekat kampus atau ruang kelas mereka. Apalagi kantin kampus belum buka saat pagi hari. Menjual sarapan kepada mahasiswa adalah bisnis yang cocok.

   
Contohnya seperti menjual jajanan atau kue-kue pasar, sangat cocok untuk mengganjal perut di pagi hari karea kantin kampus masih belum buka.


Jasa Desain
bisnis berikutnya adalah jasa desain. Jika kamu adalah mahasiswa dengan jurusan Teknologi Informasi, atau DKV pasti memiliki banyak peluang untuk memperoleh penghasilan tambahan. Desain banyak diperlukan pada usaha atau event. Sehingga membuka jasa desain adalah ide bisnis untuk mahasiswa yang patut dicoba dan cukup menguntungkan loh!.
 


Jasa penulis lepas
Yang terakhir apabila kamu smerupakan mahasiswa yang memiliki skill menulis, menjadi penulis lepas dapat menghasilakn keuntungan. Jenis usaha ini mudah dikerjakan dan tidak perlu mengeluarkan modal. Anda hanya bermodal kemampuan menulis, imajinasi, dan kreativitas. Selain itu, usaha jasa menulis lepas juga sedang digandrungi oleh para mahasiswa loh.

bagaimana? kalian tertarik tidak untuk memulai bisnis?


kesimpulan

Banyak peluang bisnis yang dapat dijalankan mahasiswa dengan modal tidak besar, tidak sedikit pula yang bahkan tidak mengeluarkan modal. jangan gengsi untuk merintis bisnis ya!


Daftar Pustaka:  http://repository.iainbengkulu.ac.id/7068/1/OKTIA%20LEBISMAWATI%20%20PDF.pdf

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar