April 06, 2023

Pengusaha Sukses James Prananto Pemilik Sekaligus Pendiri Kopi Kenangan

 Herlina Tri Seva

@AB07-Herlina

 

Pengusaha Sukses James Prananto Pemilik

Sekaligus Pendiri Kopi Kenangan

 

        Kopi kenangan sendiri telah membuka kurang lebih sekitar 878 outlet yang tersebar di berbagai macam kota di Indonesia. Kopi Kenangan sendiri merupakan perusahaan Food and Beverage yang menjadi unicorn pertama di bidang makanan dan minuman di Asia Tenggara. Sosok pendiri dan sekaligus pemilik Kopi Kenangan tersebut adalah James Prananto yang kini menjadi inspirasi sukses banyak orang.

Profil James Prananto




Kini James Prananto menjabat sebagai Co-Founder dari perusahaan Kopi Kenangan yang telah ia bangun sejak tahun 2017 dengan kedua temannya yaitu Edward Tirtanata, dan Cynthia Chaerunnisa.

James Prananto merupakan lulusan dari Universitas di Amerika dengan jurusan bisnis (MBA) bersama dengan Edward Tirtanata. Selain itu terdapat beberapa fakta hidup James Prananto lainnya yang wajib kalian ketahui.

1. Pernah Jualan Teh Tapi Tak Laku
    Siapa sangka jika James Prananto
 pemilik Kopi Kenangan yang sukses seperti saat ini, pernah sempat terjun dalam industri Food and Beverage dan membuka rumah teh premium di Jakarta yang bernama Lewis & Carroll (L&C),

   Awalnya bisnis tersebut membidik konsumen menengah atas dengan harga teh yang mahal, secangkir teh bisa diberi harga Rp 40 ribu-Rp 60 ribu. Namun sayang bisnis teh tersebut tidak laku di pasaran karena harganya terlalu mahal.

2. Mendirikan Kopi Kenangan
    Setelah gagal dengan bisnis pertamanya yaitu dengan berjualan teh premium, akhir James Prananto mendirikan bisnis baru yang bergerak di bidang kopi kekinian, yang ia beri nama Kopi Kenangan.

    Belajar dari bisnis sebelumnya Kopi Kenangan di jual dengan harga yang sangat terjangkau sehingga pasarnya lebih luas lagi. Kopi Kenangan dijual dengan kisaran harga Rp 18 ribu-Rp 42 ribu. Kopi Kenangan pertama kali membuka kedainya di Menara Standard Chartered, Kuningan, Jakarta.

3. Startup Unicorn Food & Beverages Pertama di Asia Tenggara
    Setelah berdiri pada tahun 2017 Kopi Kenangan semakin dikenal banyak orang dan mendapatkan suntikan pendanaan dari berbagai perusahaan ventura untuk memperbesar bisnis Kopi Kenangan ini.

    Pada tahun 2018 saja Kopi Kenangan menerima suntikan dana sebesar Rp 114,8 miliar dari Alpha JWC Ventures. Lalu pada tahun 2019 Kopi Kenangan juga mendapatkan suntikan dana sebesar Rp 288 miliar dari Sequoia India dan Rp 280 miliar dari Arrive dan Serena Ventures.

    Bahkan pada tahun 2021 kembali mendapatkan suntikan dana sebesar Rp 1,38 triliun dari Tybourne Capital Management. Kini Kopi Kenangan berhasil menjadi Startup Unicorn Food & Beverages Pertama di Asia Tenggara.

4. Masuk Daftar di Majalah Forbes
    Keberhasilan James Prananto dalam membangun bisnis Kopi Kenangan ini membuatnya masuk ke dalam daftar 30 under 30 Asia retail & e-commerce Forbes tahun 2019.

    Bahkan James Prananto juga masuk ke dalam daftar 40 tokoh Indonesia berusia di bawah 40 yang mampu menjadi agen perubahan versi Majalah Fortune Indonesia.

5. Rela di Gaji 1 Juta Saat Pandemi
    James Prananto ketika menghadapi pandemi covid-19 bersama perusahaan Kopi Kenangannya tidak pernah satu kali pun melakukan PHK kepada seluruh karyawan Kopi Kenangan. Untuk mengurangi beban keuangan perusahaan saat pandemi Covid-19, James Prananto bersama dengan seluruh jajaran manajemen Kopi Kenangan rela di gaji satu juta per bulan.


Strategi Bisnis Kopi Kenangan

 

1.     Nama Brand yang Mudah Diingat dan Penuh Makna

Edward Tirtanata sendiri memilih nama “Kopi Kenangan” sehingga bisa membedakan dengan kedai kopi lainnya yang kebanyakan menggunakan bahasa asing, dengan ini juga memudahkan masyarakat untuk mengingat nama brandnya hingga masyarakat dibawa penasaran dengan makna dari “Kopi Kenangan”. Menurutnya kata “Kenangan” mampu membangkitkan ingatan seseorang pada mantan yang tak terlupakan.

2.     Memberikan Kualitas Terbaik dengan Harga Terjangkau

Sesuai dengan misinya, Kopi Kenangan memiliki tujuan untuk mengenalkan kualitas cita rasa dari kopi lokal Indonesia kepada masyarakat. Kopi Kenangan berfokus pada kualitas dari setiap varian rasa minuman sehingga menjamin konsumen bahwa dengan harga yang cukup terjangkau, para konsumen dapat menikmati kualitas premium dari minuman yang disajikan. Kualitas dari setiap varian rasa Kopi Kenangan juga selalu dijaga agar cita rasanya konsisten dengan cara membuat kopi dengan mesin yang modern serta melatih setiap pegawai untuk mengoperasikan mesin dan membuat minuman sesuai dengan standar kualitas.

3.     Memanfaatkan Sosial Media untuk Digital Marketing

Kopi Kenangan memanfaatkan Sosial Media sebagai strategi marketing atau digital marketing untuk mengembangkan usahanya. Kopi Kenangan dapat ditemukan di Instagram, aplikasi buat video TikTok dan platform sosial media lainnya. Selain itu, Kopi Kenangan juga memiliki aplikasinya sendiri, di dalam aplikasi tersebut konsumen dapat melihat varian minuman dan sekaligus mendapatkan informasi lainnya.

4.     Kolaborasi Brand

Dengan menggunakan sosial media sebagai strategi marketing, Kopi Kenangan juga melakukan beberapa kolaborasi dengan beberapa influencer ternama seperti BTS, Hotman Paris, Nicholas Saputra, Isyana Syarasvati dan banyak influencer besar lainya. Kolaborasi yang dilakukan berupa kolaborasi untuk memunculkan inovasi minuman dan merchandise yang menarik, juga kolaborasi sebagai brand ambassador.

5.     Memperluas Inovasi Produk

Kopi Kenangan Group tidak hanya menawarkan minuman kopi dan teh, tetapi juga terus menawarkan berbagai hidangan lezat  yang cocok untuk minum kopi. Ini termasuk berbagai macam roti dari Cerita Roti, minuman jeruk asli dan ayam goreng merk Chigo yang diluncurkan awal tahun ini, Kopi Kenangan Group bertujuan untuk menyediakan menu-menu lezat untuk kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia dengan menawarkan variasi menu yang lebih luas. Dan baru-baru ini Kopi Kenangan meluncurkan produknya yang didalam botol atau kemasan botol dan dijual di supermarket.   Yang diluncurkan awal tahun ini

 

Daftar Pustaka

Kopi Kenangan‘https://lintasbabel.inews.id/read/191769/siapakah-pemilik-kopi-kenangan-kopi-kekinian-yang-diidolakan-milenial-dan-pecinta-kopi#:~:text=Pemilik%20Kopi%20Kenangan%20adalah%20James,memulai%20atau%20merintis%20bisnis%20kuliner

Kopi Kenangan’https://www.sonora.id/read/423475682/5-fakta-hidup-dan-profil-james-prananto-pemilik-kopi-kenangan-yang-pernah-masuk-forbes#:~:text=Sosok%20pendiri%20dan%20sekaligus%20pemilik,menjadi%20inspirasi%20sukses%20banyak%20orang.&text=Kini%20James%20Prananto%20menjabat%20sebagai,Edward%20Tirtanata%2C%20dan%20Cynthia%20Chaerunnisa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar