Mei 20, 2023

Teknopreneuship Bisnis Masa Kini Berbasis Teknologi

Herlina Tri Seva

@AB07-Herlina

 

Teknopreneuship Bisnis Masa Kini Berbasis Teknologi














 

Definisi teknopreneurship adalah entrepreneurship dalam bidang teknologi di mana keahlian yang dibutuhkan tak lagi hanya wirausaha, tetapi juga pengetahuan akan teknologi mutakhir. Menurut entrepreneur teknologi yang sedang sangat diminati dan terus diteliti adalah kecerdasan buatan, augmented reality, blockchain, the internet of things, 3D printing, blog data, cloud computing, dan masih banyak lagi.

 

Mengapa teknopreneurship itu penting?

1.     Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Bisnis start up yang semakin banyak bermunculan merupakan hasil dari teknopreneurship. Startup - startup  ini tentu menciptakan lapangan kerja baru karena kebutuhannya akan sumber daya manusia untuk menginvasikan bisnis.

2.     Meningkatkan Pemanfaatan Sumber Daya Lokal

startup berbasis teknologi dapat menyelesaikan masalah-masalah yang ada di sekitar kita, contohnya berbagi startup ojek dan taksi online yang menyelesaikan masalah kesulitan menemukan kendaraan umum.

3.     Perkembangan Teknologi

Teknopreneurship adalah salah satu pendorong perkembangan teknologi serta inovasi.

4.     Peningkatan Ekonomi

Dengan terbukanya lapangan baru, tentu saja teknopreneurship dan bisnis berbasis teknologi adalah salah satu penyokong ekonomi negara.

5.     Diversifikasi dan Desentralisasi Bisnis

pemanfaatan teknologi mutakhir sebagai basis-basis yang diciptakan seseorang technopreneur mampu memberikan kesempatan bagi orang-orang yang tanpa peduli jarak.

6.     Mendorong Kewirausahaan

Teknopreneurship adalah aplikasi entrepreneurship yang menitikberatkan penggunaan teknologi. Maka dengan terus berkembangnya teknologi orang-orang akan semakin tergerak untuk juga berusaha memulai bisnisnya sendiri.

 

Skill Penting Teknopreneurship :

1. Kerjasama Tim

Sebuah tim dengan keahlian beragam yang relavan terhadap ide dan rencana bisnis merupakan aset utama sebuah bisnis teknologi yang sukses.

2. Penyelesaian Masalah

Analisis biaya, waktu, sumber daya, dll harus dilakukan bedasarkan data yang akurat agar hasil yang diperoleh maksimal.

3. Pengambilan Keputusan

Proses penyelesaian masalah akan menghasilkan beberapa alternatif, sebagai teknopreneurship harus bisa mengambil keputusan yang tepat untuk membuat strategi bisnis yang efektif.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar