Juli 08, 2023

Kisah Sukses Para Wirausahawan Muda

 Nama : Sarah Valiziane Hidayat 

Kode Pebisnis : @AA40-Sarah 


Kisah Sukses Para Wirausahawan Muda



Cueva (Abdul)

Abdul seorang mahasiswa yang berumur 19 tahun yang berkuliah di bandung memiliki bisnis Cueva. Pendiri Cueva terdiri dari 9 orang mahasiswa, nama perusahannya adalah earth company. Bemula dari ingin membuat produk yang dapat merubah cara orang mendengarkan musik. Hal tersebut berawal dari project mata kuliah, kemudian berlanjut ke bisnis karena dari awal selling pertama mendapat respon masyarakat yang bagus. Saat ini produk hasil ciptaan mereka baru dipasarkan melalui sosial media. Produksi maksimal Cueva adalah 24 buah dalam satu bulan, mereka yakin produk yang mereka pasarkan mampu bersaing dengan produk lainnya.


Growbox (Annisa)

Annisa yang berusia 25 tahun mempunyai bisnis bernama Growbox yang memproduksi tempat untuk menanam jamur agar konsumen seperti kita bisa lebih mudah untuk bercocok tanam jamur. Pendiri growbox terdiri dari 4 orang pekerja, nama perusahaan nya adalah ideas Indonesia, keempat anak muda ini menciptakan bisnis kreatif. Berawal dari keprihatinan mereka terhadap banyaknya makanan instan di zaman modern menghantarkan mereka menciptakan media tanam jamur tiram yang diberi nama growbox. Sehingga masyarakat pun dapat menikmati asyiknya bercocok tanam. Dalam satu tahun dipasarkan kini makin dikenal dan semakin diminati oleh berbagai kalangan masyarakat dari berbagai usia. Tujuan dari menjual produk ini adalah untuk mengedukasi masyarakat agar masyarakat juga tahu dan mengenal tentang makanan dan khasiatnya.


Tonik (Toko Unik) Lia       

Lia merupakan mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual di Universitas Trisakti. Lia sudah memulai bisnis nya sejak kuliah dari semester 6. Dalam bisnis nya Lia menjual gelang dan aksesoris hasil karya nya. Lia melihat celah bisnis saat itu di mana para mahasiswa di kampusnya kerap berpenampilan fashionable dan mengikuti trend model. Setelah lulus kuliah dia semakin fokus untuk mengembangkan bisnisnya dan memiliki usaha bernama tonik atau toko unik. Saat ini Tonik yang di rintis dari 2006 ini kini sudah memiliki beberapa gerai di pusat perbelanjaat di Jakarta dan Surabaya. Namun Lia tidak pernah puas akan pencapaian yang di raihnya untuk itu dia terus berinovasi menciptakan produk-produk baru yang unik dan tidak pasaran.

          

Baju Batik (Dea)

Dea seorang mahasiswa jurusan sistem informatika di universitas multimedia nusantara memulai bisnisnya dengan menjual batik sejak semester 3. Awalnya dea hanya membantu ibunya menjual koleksi batik namun ketertarikannya kepada batik berkembang sampai ia mulai berinisiatif memproduksi batik dari berbagai daerah. Menggabungkan batik dengan model yang modern membuat batik yang dea jual mempunyai banyak peminat. Batik-batik lama yang sudah tidak terpakai kemudian Dea kreasikan dengan berbagai motif batik lainnya menjadi sebuah desain yang indah dan memiliki nilai jual yang tinggi. Sebagai generasi muda dia tentunya sudah mulai terbiasa menggunakan media sosial ia memanfaatkan untuk memasarkan produknya dan sudah terbukti langkah yang diambilnya sudah efektif. 

Dalam berbisnis memulai nya harus dari usia muda. Apabila kita mempunyai impian kita harus bekerja keras. Dalam meraih impian juga kadang itu tidak mudah. Tetapi itu tidak mustahil untuk mencapai sukses maka dari itu kita harus memulai bisnis dari usia muda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar