September 30, 2023

5 TOP STARUP DI BIDANG KESEHATAN


5 Top Starup di bindang Kesehatan



(Oleh Alliya Rahma Ayu Pramudya @AE19-alliya)


 ALODOKTER 



Alodokter adalah sistem pelayanan kesehatan yang menjadi top ke 2 startup di Indonesia yang menyediakan informasi kesehatan dengan narasumber yang kredibel dan terpercaya, yaitu para dokter. Selain itu, alodokter juga menyediakan fitur layanan chatting yang dapat berkonsultasi mengenai penyakit ataupun obat-obatan, di fitur chatting kita bisa bertanya langsung  dengan para dokter umum maupun spesialis.  Alodokter memberikan informasi kedokteran melalui penyampaian kata-kata yang mudah dipahami oleh masyarakat Indonesia. Alodokter menyediakan konten kesehatan mengenai berbagai penyakit, obat-obatan, masalah kesejahteraan, dan masalah keluarga. Informasi yang diberikan oleh alodokter berkualitas tinggi yang dapat diandalkan demi membantu pasien Indonesia dalam mengambil keputusan yang lebih baik terkait kesehatan mereka. Kami yakin bahwa pasien yang berpengetahuan akan mampu merawat diri sendiri dan keluarganya dengan lebih baik. Kami berharap Alodokter akan membuat Indonesia menjadi lebih sehat. Sosialisasi layanan informasi kesehatan “alodokter” yang berbasis web, media sosial, dan aplikasi dalam google play; dan pemilihan target kalangan remaja dan dewasa yang mengerti segala ketentuan ketika mengakses informasi kesehatan dalam situs “alodokter”.


SEHATQ


SehatQ merupakan aplikasi konsultasi kesehatan online yang  berdiri sejak November 2018 Meskipun masih terbilang baru yang hampir menginjak 3 tahun, aplikasi SehatQ telah sukses menjadi platform konsultasi kesehatan online nomor dua di Indonesia dan menjadi urutan ke 11 dalam starup di Indonesia fitur unggulan utama dari aplikasi SehatQ adalah telemedicine. Fitur unggulan dari SehatQ adalah Chat Dokter, Dimana semuanya merupakan dokter yang sudah teregister di Ikatan Dokter Indonesia, di fitur yang satu ini Anda bisa melakukan konsultasi tanpa harus tatap muka dengan dokter terpercaya. Mulai dari dokter umum sampai beragam dokter spesialis tersedia di SehatQ. Kemudian sehatQ memiliki fitur Booking dengan memanfaatkan fitur Booking yang ada di aplikasi SehatQ. Berbagai jenis pelayanan kesehatan dari berbagai fasilitas kesehatan terpercaya bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Fitur Rumah Sakit yang ada di aplikasi SehatQ sebenarnya merupakan data terkait fasilitas-fasilitas kesehatan yang ada di Indonesia. Dengan mengetahui data tersebut, diharapkan Anda bisa memilih fasilitas kesehatan terdekat dengan lokasi dengan layanan yang memadai sesuai kebutuhan Anda.


DOKTERSEHAT



DokterSehat  sebelumnya didirikan sebagai situs informasi yang masih sederhana dengan beberapa dokter yang mengisi. Namun sejak terakhir tahun 2015, DokterSehat telah berubah menjadi   portal kesehatan terintegrasi dengan lebih dari 50.000 pengunjung setiap hari dengan berbagai fitur kesehatan seperti direktori dokter dan rumah sakit di Indonesia, informasi kesehatan terpercaya, konsultasi online, dan platform untuk diskusi kesehatan. DokterSehat telah memberikan pelayanan terhadap 20 juta orang dengan lebih dari 3 juta tampilan halaman bulanan dan 50.000 pengunjung unik setiap hari. DokterSehat menjadi  portal online di bidang kesehatan yang menyediakan informasi dan fasilitas untuk membantu penggunanya hidup sehat. DokterSehat dapat diakses melalui berbagai platform mulai dari web, aplikasi Android dan juga iOS. Selain menyajikan informasi terpadu, melalui portal DokterSehat juga memberikan kanal interaksi pasien dengan dokter. Fasilitas kesehatan yang diberikan seperti kalkulator kesehatan, direktori dokter dan rumah sakit di Indonesia, serta prosedur pertolongan pertama dalam keadaan darurat. Semua dapat diakses secara gratis.


PROSEHAT



Pro sehat merupakan aplikasi kesehatan untuk membantu keluarga Indonesia mendapatkan produk dan jasa kesehatan yang didukung oleh komunitas medis terpercaya,  Prosehat berdiri pada tahun 2015 pada Agustus-September. Prosehat memberikan layanan kesehatan untuk membantu daerah-daerah terpencil seperti di Papua, Nusa Tenggara, dan daerah lainnya. Kebetulan sesama tenaga kesehatan di sana yang membutuhkan untuk pasien. Layanan pertama yang diberikan adalah informasi kesehatan yang terpercaya. Kedua, fasilitas tanya jawab dokter yang tujuannya sebagai edukasi mengenai kondisi kesehatan yang dialami, bukan sebagai diagnosis. Kemudian apabila pengguna sudah berobat ke dokter dan memiliki resep, bisa langsung mendapatkan obatnya. Caranya dengan memfoto resep, tidak perlu ke apotek, tidak perlu ke mana-mana. Obat bisa diantarkan karena Prosehat bekerja sama dengan berbagai apotik lengkap di Jakarta langsung ke alamat pasien. Pengguna bisa memesankan obat untuk diri sendiri atau untuk orang tua.


DOKTERSIAGA


DokterSiaga, startup urutan ke 130 di Indonesia yang melayani di bidang kesehatan yang membantu pengguna menemukan jadwal dan informasi mengenai dokter, melakukan sejumlah pembenahan dan pembaruan. Selain fitur jadwal dokter, DokterSiaga juga merilis platform chatbot untuk rumah sakit ataupun klinik sebagai sarana komunikasi antara pasien dengan rumah sakit. Pasien membutuhkan informasi dan layanan rumah sakit dengan cepat DokterSiaga selalui mengebangkan platfrom mereka salah satu yang mereka perbarui adalah infrastruktur jaringan dan arsitektur perangkat lunak mereka. Chatbot yang mereka kembangkan juga mendapat pembaruan. SDM rumah sakit terbatas untuk melayani permintaan pasien melalui media sosial. Oleh karena itu dengan hadirnya platform chatbot rumah sakit ini diharapkan dapat menyelesaikan problem tersebut.  Chatbot itu diklaim bisa menjawab secara langsung pertanyaan-pertanyaan seputar jadwal dokter dan ketersediaan dokter di waktu-waktu tertentu.


DAFTAR PUSTAKA

Prasanti, D., & Indriani, S. S. (2018). Pengembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam sistem e-health ‘alodokter. com,’. Jurnal Sosioteknologi, 17(1), 93-103.


Mayasari Deasy. 2021 “6 Fitur Unggulan yang Ada di Aplikasi SehatQ ”https://timesindonesia.co.id/news-commerce/379668/6-fitur-unggulan-yang-ada-di-aplikasi-sehatq diakses pada 30 September 2023 pukul 10.15


Eka Randi. 2016 “Portal DokterSehat Ingin Edukasi Masyarakat dengan Informasi Kesehatan Terpercaya”.https://dailysocial.id/post/portal-doktersehat-ingin-edukasi-masyarakat-dengan-informasi-kesehatan-terpercaya. diakses pada 30 September 2023 pukul 10.25


CekAja. 2016 “Mengenal Pro Sehat, Startup Teknologi yang Memudahkan Orang Indonesia TetapSehat”https://www.cekaja.com/info/mengenal-pro-sehat-startup-teknologi-yang-memudahkan-orang-indonesia-tetap-sehat. diakses pada 30 September 2023 pukul 10.32 


Ryza Prayogo. 2017 “Chatbot DokterSiaga Kini Bisa Digunakan Mencari Jadwal Dokter

https://dailysocial.id/amp/post/chatbot-doktersiaga-kini-bisa-digunakan-mencari-jadwal-dokter. diakses pada 30 September 2023 pukul 10.45









Tidak ada komentar:

Posting Komentar