Januari 25, 2024

pemikiraan creative untuk memechakan masalah by derry fm 2

 

Inovasi model bisnis adalah ketika perusahaan merintis model bisnis atau jenis bisnis baru. Inovasi model bisnis dapat membantu suatu perusahaan mengubah cara perusahaan tersebut memasarkan produknya, menghasilkan profit, dan mengelola proses operasi internalnya.

 

Misalnya, suatu e-commerce yang menjadi salah satu pionir pertama ekosistem digital menjalankan keseluruhan proses bisnisnya melalui situs e-commerce. Perusahaan tersebut merintis server, infrastruktur digital, dan gudang fisik untuk menjadi perusahaan e-commerce terbesar dan pertama di dunia.

 

2.     Inovasi Produk dan Performa

Inovasi produk dan performa adalah ketika suatu bisnis merintis produk baru atau mengembangkan kinerja produk sebelumnya. Hal ini bisa dilakukan untuk memenuhi harapan pelanggan yang sering meminta perubahan atau perbaikan produk yang sudah ada, atau untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan sesuatu.

 

Misal, suatu perusahaan membuat produk berbentuk pisau yang bisa digunakan untuk memotong buah-buahan, tapi dibuat sedemikian rupa agar tidak bisa menyakiti penggunanya.

 

3.     Inovasi Proses

Inovasi proses adalah ketika perusahaan menciptakan atau meningkatkan proses untuk memproduksi, mengirimkan produk, atau memberikan proses layanan pelanggannya. Jenis inovasi ini biasanya membantu perusahaan menghemat uang karena proses yang ada bisa dibuat lebih efisien dan hemat waktu atau biaya.

 

Misal, suatu produsen produk membutuhkan waktu berjam-jam untuk membuat suatu komponen. Inovasi yang digunakan adalah suatu cetakan yang bisa membuat komponen tersebut dengan lebih cepat dan hemat biaya.

 

4.     Inovasi Jejaring

Inovasi jejaring adalah ketika suatu perusahaan mengubah, meningkatkan, atau menciptakan metode baru untuk membangun jaringan dan kolaborasi. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mencari mitra/pelanggan baru untuk membuka ruang kebutuhan akan jejaring atau networking baru yang lebih baik.

 

Misal, sebuah perusahaan memutuskan untuk membuat situs web karir atau memanfaatkan situs karir yang sudah ada untuk menarik talenta bagi posisi-posisi prioritas di perusahaan tersebut.

 

5.     Inovasi Pemasaran atau Penjualan

Inovasi pemasaran atau penjualan adalah ketika bisnis merintis cara baru memasarkan produk dan layanannya. Karena manajemen pemasaran sangat penting untuk operasi bisnis, sektor pemasaran bisnis atau marketing biasanya selalu berinovasi untuk menemukan cara baru yang lebih menarik untuk menjual produk milik perusahaan.

 

Salah satu contohnya adalah penggunaan AI atau artificial intelligence untuk menganalisis perilaku transaksi pelanggan dan membuat profil sebagai insight bagi tim Marketing untuk membuat iklan dan memasarkan produk.

 

6.     Inovasi Teknologi

Inovasi teknologi adalah ketika suatu perusahaan menciptakan teknologi baru atau mengembangkan teknologi yang ada. Inovasi teknologi dapat meningkatkan penjualan perusahaan, mempengaruhi loyalitas pelanggan, dan membuat perusahaan lebih unggul dari para pesaingnya.

C.            Cara Mengembangkan Kreativitas dan Inovasi

Setelah mengetahui mengapa diperlukan kreativitas dan inovasi dalam menjalankan usaha, anda pasti penasaran bagaimana sih cara agar ide-ide kreatif bisa muncul. Simak penjelasan berikut ini:

1.            Motivasi Tinggi untuk Berkembang

Hal pertama yang menjadi dasar perkembangan kreativitas dan inovasi dalam menjalankan usaha adalah tanamkan selalu motivasi dalam diri anda untuk selalu berkembang.

Tanpa adanya motivasi yang kuat, anda hanya akan bisa bermimpi tanpa bisa mewujudkannya. Selain itu, anda juga harus berani keluar dari zona nyaman anda agar bisa menemukan peluang baru yang lebih berpotensi untuk perkembangan bisnis anda.

2.            Jangan Pernah Takut untuk Memulai Hal Baru

Pada umumnya, pelaku usaha cenderung mencari peluang bisnis hanya berdasarkan tren pasar agar peluang produk bisa laku di pasaran jauh lebih tinggi. Padahal, dari tren pasar bisa anda kembangankan jika anda punya suatu keberanian untuk memulai hal yang baru.

Dari sini, harusnya anda bisa berpikir lebih kritis dan mengembangkan ide serta gagasan baru berdasarkan tren pasar tersebut.

Ketika anda berhasil melakukan hal itu, maka anda akan menjadi raja dari tren pasar baru yang anda ciptakan dari hasil inovasi anda.

3.            Selalu Belajar dari Pengalaman

Pengalaman adalah suatu hal yang paling berharga dalam hidup. Pengalaman inilah yang nantinya akan membuat orang belajar, berkembang, dan melakukan introspeksi diri tentang apa yang salah dari perkembangan bisnis yang pengusaha jalankan. Hal inilah yang menjadi dasar mengapa diperlukan kreativitas dan inovasi dalam menjalankan usaha.

Karena, jika anda tidak mau belajar dari pengalaman, kendala utama dari perkembangan bisnis yang akan anda hadapi adalah kurangnya inovasi serta kreativitas dalam menghadapi persaingan bisnis.

4.            Open Minded, Mau Menerima Kritik

Jika anda tidak bisa membuka pola pikir anda lebih luas dan hanya memegang teguh gagasan pemikiran yang menurut anda benar saja, maka akan menimbulkan suatu kebodohan.

Anda harus bisa membuka pikiran anda untuk kemudian menerima pemikiran serta gagasan orang lain. Sehingga, akan muncul brainstorming dalam diri anda untuk melakukan perubahan dan inovasi.

Selain itu, anda juga harus mau menerima kritik dari orang lain, dan menjadikan kritik tersebut sebagai sarana introspeksi diri serta motivasi untuk perkembangan bisnis anda.

5.            Berani Ambil Risiko

Cara terakhir untuk mengembangkan potensi kreativitas dan inovasi dalam menjalankan usaha, yaitu anda harus berani mengambil risiko dari perubahan dan inovasi yang akan anda buat.

Ketika anda menemukan kreativitas dalam bisnis, dan anda kembangankan menjadi sebuah inovasi, maka peluang keberhasilannya adalah 50:50. Jadi, anda harus berani mengambil risiko berdasarkan perbandingan keberhasilan tersebut.

Demikian pembahasan tentang mengapa diperlukan kreativitas dan inovasi dalam menjalankan usaha. Pada intinya, kreativitas dan inovasi adalah hal yang paling utama serta harus anda miliki agar bisnis yang anda jalankan menjadi raja di pasar.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar